Laporkan Masalah

Perencanaan Model Bisnis Sepatu Nusa

AYU SEPTIANI, Boyke R. Purnomo Ph.D,.CFP

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Kreatif industri memiliki kontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia, dengan pertumbuhan hingga 8,2 juta usaha kreatif dengan menyumbangkan sebesar 7,44% terhadap Produk Domestik Bruto. Salah satu produk industri kreatif yang sedang berkembang ialah produk fesyen sepatu lokal. Adapun tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk dapat merancang model bisnis sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis sepatu lokal dengan inovasi desain produk yang memadupandakan elemen Nusantara. Selain itu, dalam penelitian ini terdapat analisis kelayakan berdasarkan aspek finansial yang dilihat dari hasil perhitungan proyeksi keuangan. Serta analisis secara non-finansial berdasarkan aspek-aspek non-ekonomi yang perlu dipersiapkan dalam rancangan bisnis. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data wawancara dan survei. Pertanyaan disusun berdasarkan komponen sembilan blok Kanvas Model Bisnis dan Peta Empati. Wawancara dilakukan terhadap dua informan yaitu pemilik usaha sepatu lokal Elfamous dan pemilik usaha sepatu Pro Warior selaku kompetitor, kemudian responden survei merupakan tiga puluh calon pelanggan potensial yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu. Data yang diperoleh kemudian disajikan dan dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan menggunakan analisis konten. sedangkan analisis kuantitatif yang dimaksud dilakukan dalam proses analisis kelayakan finansial dengan menghitung indikator kelayakan antara lain nilai NPV, IRR, dan PP. Hasil penelitian ini berupa rancangan model bisnis sepatu lokal Sepatu Nusa dengan inovasi desain produk yang memadupadankan elemen Nusantara sebagai nilai proposisi yang berbeda dibandingkan dengan kompetitor. Modal awal yang diperlukan untuk merealisasikan bisnis ini sebesar Rp93.250.000. Sedangkan berdasarkan analisi kelayakan finansial yang telah dilakukan, diperoleh nilai NPV sebesar Rp443.714.703 dengan nilai IRR sebesar 80,29% dan pengembalian selama dua tahun tiga bulan. Berdasarkan indikator diatas maka dapat dikatakan bahwa investasi terhadap rencana bisnis ini layak dijalankan.

Creative industries have a major contribution to Indonesian economy, with growth of up to 8.2 million creative businesses contributing 7.44% to Gross Domestic Product. One of the creative industry products that is developing is local shoe fashion products. The main purpose of this research is to be able to design a business model as a guideline in running a local shoe business with product design innovations that combine elements of the archipelago. In addition, in this study there is a feasibility analysis based on financial aspects seen from the results of the calculation of financial projections. As well as non-financial analysis based on non-economic aspects that need to be prepared in the business plan. This study used qualitative research approach, supported with interview and surveys. Questions are structured based on the nine-block components of the Business Model Canvas and the Empathy Map. Interviews were conducted with two informants, namely the owner of the local brand Elfamous and the owner of Pro Warior shoe business as competitors, then the survey respondents were thirty potential customers who were selected based on certain criteria. The data obtained were then presented and analyzed qualitatively and quantitatively. Qualitative analysis was carried out using content analysis. while the quantitative analysis in question is carried out in the process of financial feasibility analysis by calculating feasibility indicators including the NPV, IRR, and PP values. The results of this study are the design of a local shoe business model for Sepatu Nusa with product design innovations that mix and match Nusantara elements as a different value proposition compared to competitors. The initial capital required to realize this business is Rp.93,250,000. Meanwhile, based on the financial feasibility analysis that has been carried out, the NPV value is Rp.443,714,703 with an IRR value of 80.29% and a payback for two years and three months. Based on the indicators above, it can be said that the investment in this business plan is feasible.

Kata Kunci : Perencanaan Model Bisnis, Sepatu Lokal, Elemen Nusantara

  1. S2-2021-452419-Abstract.pdf  
  2. S2-2021-452419-Bibliography.pdf  
  3. S2-2021-452419-Tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-452419-title.pdf