Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI PRODUK KREDIT MIKRO PT. XYZ MENGGUNAKAN BUSINESS MODEL CANVAS DAN VALUE PROPOSITION CANVAS

FARROS HAYDAR RAYHAN, Bowo Setiyono, S.E., M.Com., Ph.D

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Dalam upaya meningkatkan penyaluran Kredit Mikro reguler maka Unit Mikro PT. XYZ perlu menganalisis dan memetakan model bisnis pada produk KM untuk menilai serta menjelaskan kekuatan dan kelemahan produk agar mampu menghasilkan kinerja yang lebih optimal. Evaluasi produk KM menggunakan tool business model canvas dengan menerapkan desain penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa business model canvas produk KM sudah efektif namun tetap perlu mengembangkan teknis survei yang lebih efisien menurut data hasil penelitian pada blok pain value proposition canvas dimana konsumen keberatan dilakukan survei berkali-kali pada waktu yang berbeda. Dengan pemanfaatan teknologi digital memungkinkan pemberlakuan survei kepada konsumen secara virtual.

In an effort to increase the distribution of regular Micro Credit, the Micro Business Unit of PT. XYZ needs to analyze and map the business model on KM products to assess and explain the strengths and weaknesses of the product in order to be able to produce more optimal performance. Evaluation of KM products using the business model canvas tool by applying a qualitative research design. The results of this study indicate that the KM product canvas business model is effective but still needs to develop more efficient survey techniques according to research data on the pain block in the value proposition canvas where consumers object to being surveyed several times at different times. By utilizing digital technology, it is possible to conduct surveys to consumers virtually.

Kata Kunci : evaluasi produk, kredit mikro, business model canvas, value proposition canvas.

  1. S2-2021-436782-abstract.pdf  
  2. S2-2021-436782-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-436782-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-436782-title.pdf