Laporkan Masalah

KEPUASAN PENGUNJUNG DI OBJEK WISATA ALAM MOJOSEMI FOREST PARK, KABUPATEN MAGETAN

M OEMAN RHEFLY S, Dr. Kaharuddin, S.Hut., M.Si.

2021 | Skripsi | S1 KEHUTANAN

Perkembangan pariwisata seperti sekarang ini sangat pesat, salah satu sektor pariwisata yang banyak dikunjungi dalam beberapa tahun belakangan ini adalah wisata alam berbasis hutan. Salah satu diantaranya adalah Objek Wisata Alam Mojosemi Forest Park. Untuk meningkatkan kualitas dan untuk menyusun rencana pengembangan lokasi wisata, pihak pengelola harus memperhatikan kepuasan pengunjung. Kepuasan pengunjung adalah perasaan senang dan kecewa seseorang setelah melakukan kunjungan wisata dengan membandingkan kesannya terhadap kinerja dan harapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pengunjung di Objek Wisata Alam Mojosemi Forest Park, mengetahui tingkat kepuasan pengunjung yang berkunjung di Objek Wisata Alam Mojosemi Forest Park, dan mengetahui hubungan karakteristik dengan kepuasan pengunjung di Objek Wisata Alam Mojosemi Forest Park. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuntitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner, untuk pengambilan sampel menggunakan metode random sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 100 orang. Setelah semua data didapatkan, dilakukan analisis data deskriptif untuk karakteristik pengunjung, setelah itu dilakukan analisis Customer Satisfaction Index (CSI) untuk mengetahui tingkat kepuasan, dan kemudian analisi Uji Chi-square untuk mengetahui hubungan antara karakteristik dan tingkat kepuasan pengunjung. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diketahui bahwa karakteristik pengunjung di Objek Wisata Alam Mojosemi Forest Park termotivasi untuk melakukan kunjungan yaitu untuk bersenang-senang atau biasa disebut physical or physiological motivation dengan tingkat kepuasan pengunjung sebesar 77,48% yang masuk dalam kategori puas, dan ditemukan dua karakteristik pengunjung yang mempunyai hubungan dengan tingkat kepuasan pengunjung dari total tujuh karakteristik yang di ukur.

The tourism sector is one of the fastest-growing sectors among others in Indonesia. One of the most visited types of tourism in the past year is forest-based nature tourism. One of them is the natural tourist attraction, Mojosemi Forest Park. To increase quality and to plan the development of the tourism sites, the management board must consider tourist satisfaction. Visitor satisfaction level consists of a person's feelings of satisfaction or disappointment after making a tourist visit by comparing their actual experience and expectations. This study has 3 objectives, such as: to determine the characteristics of visitors at the natural tourist attraction Mojosemi Forest Park, to determine the level of satisfaction of visitors visiting the natural tourist attraction Mojosemi Forest Park, and to determine the relationship between characteristics and visitor satisfaction at the natural tourist attraction Mojosemi Forest Park. This research is a quantitative descriptive study using a questionnaire for data collection. Sample selection using random sampling method. The number of respondents in this study was 100 people. After all the data is obtained, descriptive data analysis is carried out for the characteristics of visitors, following this, an analysis of the Customer Satisfaction Index (CSI) is carried out to determine the level of satisfaction. Then the Chi-square test analysis was also carried out to determine the relationship between the characteristics and the level of visitor satisfaction. Based on the results of this study, it is known that the characteristics of visitors at Mojosemi Forest Park natural attractions are motivated to make visits, namely for recreational purposes or commonly called physical or physiological motivation. With a visitor satisfaction level of 77.48% which is included in the satisfied category, and found three characteristics of visitors that have a relationship with the level of visitor satisfaction of the total seven characteristics measured.

Kata Kunci : Kepuasan pengunjung, Mojosemi Forest Park, Customer Satisfaction Index, dan Uji Chi-Square

  1. S1-2021-398346-Abstract.pdf  
  2. S1-2021-398346-Bibliography.pdf  
  3. S1-2021-398346-Tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-398346-Title.pdf