Laporkan Masalah

PENGOLAHAN ARSIP DINAMIS INAKTIF DI UNIT PUSAT ARSIP DIREKTORAT KEUANGAN UNIVERSITAS GADJAH MADA

DIAN SETYOWATI, Indah Novita Sari, S.IIP.,M.A.

2021 | Tugas Akhir | D3 KEARSIPAN

Laporan Tugas Akhir ini membahas tentang pengolahan arsip dinamis inaktif di Unit Pusat Arsip Direktorat Keuangan Universitas Gadjah Mada. Tugas Akhir ini menjelaskan tahap pengolahan arsip dinamis inaktif, sarana dan prasarana yang digunakan, dan kendala yang dihadapi dalam proses pengolahan tersebut. Tahap pengolahan arsip dinamis inaktif meliputi pemilahan arsip, pemberkasan dan pengelompokkan, pendeskripsian, pembungkusan, penataan arsip kedalam boks, pelabelan, dan penataan boks kedalam rak arsip. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui sistem pengolahan arsip dinamis inaktif di Unit Pusat Arsip Direktorat Keuangan Universitas Gadjah Mada Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini meliputi observasi partisipasi, wawancara, dan studi pustaka. Metode observasi partisipasi dilakukan melalui pengamatan langsung dan ikut serta dalam pengolahan arsip dinamis inaktif. Metode wawancara dilakukan dengan cara tanya jawab kepada narasumber secara lisan. Sedangkan metode studi pustaka dilakukan dengan mencari sumber pustaka yang relevan dengan penulisan tugas akhir ini. Dapat disimpulkan bahwa pengolahan arsip dinamis inaktif di Unit Pusat Arsip Direktorat Keuangan Universitas Gadjah Mada sudah teratur, sesuai dengan prosedur yang baik dan benar. Namun, masih terdapat beberapa kendala yang perlu dihadapi seperti keterbatasan sarana dan prasarana pada ruang penyimpanan, dan kurangnya sumber daya manusia. Kendala ini dapat menganggu kinerja jalannya kegiatan

This final report discusses about the processing inactive record in Unit Pusat Arsip Direktorat Keuangan Universitas Gadjah Mada. This final report describes the step of processing inactive record, facilities and infrastructure that are used, and obtstacles faced at Unit Pusat Arsip Direktorat Keuangan Universitas Gadjah Mada. The processing of inactive record consists of archival sorting, enactment and grouping, wrapping, organizing archives into boxes, labeling, and arranging boxes into archive shelves. The purpose of writing this Final report is to find out the processing operation system on the inactive record are maintained on the Unit Pusat Arsip Direktorat Keuangan Universitas Gadjah Mada. This report uses participant observation, interview and literature review as data collection methods. Participant observation is conducted by doing direct observation and partisipate in the processing of inactive record. Interview is conducted by doing interview with the source orally. Literature review done by analyzing resources relevant to the writing of this final report. It can be conclude that the arranggement of inactive record in Unit Pusat Arsip Direktorat Keuangan Universitas Gadjah Mada is accordance with the good and correct procedure. However, there are still some obstacles that need to be faced such as limited facilities and infrastructure in storage space, and lack of human resources. This obstacle can interfere with the performance of the course of activities.

Kata Kunci : Record, Processing, Inactive Record

  1. D3-2021-431688-abstract.pdf  
  2. D3-2021-431688-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-431688-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-431688-title.pdf