Laporkan Masalah

ESENSI MEDIA KOMUNIKASI DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT KOMUNIKASI MARSHALL MCLUHAN

ADJIE APRIYANDI, Dr. Hastanti Widy Nugroho

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Penelitian ini mengangkat permasalahan tentang cara pandang masyarakat modern saat ini terhadap media komunikasi yang dimana mereka hanya terfokus kepada pesan dari konten yang dibawa oleh media komunikasi itu sendiri yang membuat mereka tidak dapat melihat pengaruh sesungguhnya dari media komunikasi dalam kehidupan sehari-harinya. Permasalahan ini akan dikaji secara komprehensif dan mendalam melalui perspektif Marshall McLuhan dalam melihat media komunikasi. Didasarkan oleh permasalahan tersebut, maka rumusan penelitian yang didapat adalah sebagai berikut: 1. Bagaimana perspektif Marshall McLuhan dalam melihat media komunikasi; 2. Bagaimana hasil analisis kritis terhadap esensi media dalam perspektif Marshall McLuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perspektif Marshall McLuhan dalam melihat media komunikasi dan mengetahui analisis kritis mengenai esensi media komunikasi dari perspektif Marshall McLuhan. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian filosofis yang bersifat kualitatif-teoritis. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari artikel ilmiah, jurnal ilmiah, buku dan pustaka penunjang lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: deskripsi, hermeneutik, koherensi internal, holistik, dan refleksi. Pemilihan metode tersebut didasarkan pada permasalahan yang telah dirumuskan dan digunakan untuk menemukan pemecahan masalah yang dikaji. Secara garis besar, langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan mendeskripsikan secara komprehensif mengenai esensi media lalu dianalisis secara kritis menggunakan perspektif Marshall McLuhan dalam The Medium is the Message: An Inventory of Effects. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil penelitian: 1. Cara pandang masyarakat dan McLuhan memiliki perbedaan. Menurut McLuhan, medium is the message atau media adalah pesannya. Hal ini dikarenakan pengaruh yang sesungguhnya disebabkan oleh medianya bukan oleh pesan konten yang dibawanya. Pengaruh tersebut terselubung sehingga masyarakat tidak menyadari hal tersebut. 2. Esensi media komunikasi menurut McLuhan didapatkan dari hasil observasi dan pemikirannya serta kekhawatiran terhadap perkembangan teknologi dan media yang terangkum dalam karyanya yang berjudul The Medium is The Message: An Inventory of Effects. McLuhan memiliki tujuan dalam karyanya untuk membuka wawasan dan mengubah cara pandang masyaraakt yang berfokus kepada pesan dari konten yang dibawa oleh media, ke media itu sendiri karena yang terpenting atau esensi dari media komunikasi adalah ada pada media itu sendiri.

This study raises the issue of the current modern society's perspective on communication media where they only focus on messages from the content brought by the communication media itself which makes them unable to see the real influence of communication media in their daily lives. This problem will be studied comprehensively and deeply through Marshall McLuhan's perspective in viewing communication media. Based on these problems, the following research formulations can be obtained: 1. How is Marshall McLuhan's perspective in viewing communication media; 2. How are the results of a critical analysis of the essence of the media in the perspective of Marshall McLuhan. The purpose of this research is to know Marshall McLuhan's perspective in viewing communication media and to know critical analysis of the essence of communication media from Marshall McLuhan's perspective. The research model used in this research is philosophical research that is qualitative-theoretical in nature. The data used in this research comes from books, scientific journals, scientific articles and other supporting libraries. The methods used in this study include: description, hermeneutics, internal coherence, holistic, and reflection. The choice of this method is based on the problems that have been formulated and used to find solutions to the problems being studied. In general, the steps taken in this study are to describe comprehensively the essence of the media by being critically analyzed using Marshall McLuhan's perspective in The Medium is the Message: An Inventory of Effects. Based on the research that has been done, the results obtained are: 1. The perspective of the community and McLuhan have differences. According to McLuhan, the medium is the message or the media is the message. This is because the real influence is caused by the media not by the content message it carries. The influence is hidden so that people are not aware of it. 2. The essence of communication media according to McLuhan is obtained from the results of his observations and thoughts as well as concerns about technology and media developments which are summarized in his work entitled The Medium is The Message: An Inventory of Effects. McLuhan has a goal in his work to open horizons and change the perspective of the community that focuses on messages from the content carried by the media, to the media itself because the most important or essence of communication media is in the media itself.

Kata Kunci : Esensi, Filsafat Komunikasi, Media, Medium is the Message

  1. S1-2021-408862-abstract.pdf  
  2. S1-2021-408862-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-408862-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-408862-title.pdf