Laporkan Masalah

PERILAKU KONSUMEN BERAS PREMIUM DI KABUPATEN CILACAP

KAHFI RIZKI MEINALDY, Sugiyarto, S.P., M.Sc.; Dr. Jangkung Handoyo Mulyo, M.Ec.; Hariyani Dwi Anjani, S.P., M.Sc.

2021 | Skripsi | S1 EKONOMI PERTANIAN DAN AGRIBISNIS

Konsumsi beras telah mengalami pergeseran dari beras berkualitas medium menjadi beras premium sehingga sekarang ini perlu adanya kajian tentang perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian beras premium. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) proses pengambilan keputusan pembelian oleh konsumen beras premium; (2) Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen beras premium dalam pengambilan keputusan pembelian; (3) Sikap konsumen terhadap beras premium. Penelitian ini dilakukan di toserba dan swalayan di Kabupaten Cilacap yaitu Toserba Rita, Berkah Jaya, Tammymart, Abadi Makmur dan outlet BULOG (RPK) yang dipilih dengan metode purposive sampling, dan pengambilan sampel responden dilakukan dengan menggunakan metode incidental sampling. Metode dasar yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif kuantitatif. Untuk mengetahui proses pengambilan keputusan pembelian beras premium oleh konsumen, digunakan analisis deskriptif. Faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen beras premium diketahui dengan menggunakan analisis faktor. Sikap konsumen terhadap beras premium diketahui dengan menggunakan analisis Multiatribut Fishbein. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) proses keputusan pembelian melalui tahapan pengenalan masalah, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembelian, dan pasca pembelian; (2) faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen adalah faktor psikologi, pribadi, sosial, dan budaya.; (3) sikap konsumen terhadap beras premium adalah positif yang berarti baik.

Rice consumption has been shifted from the medium quality to the premium, so at this time need to do a research about consumer behavior towards purchasing decision for premium rice. This research aims to (1) understand the stages of decision making processes for purchasing premium rice; (2) analyze the determinant factors of consumers behaviour in decision making for purchasing premium rice; (3) study the consumers attitude towards premium rice. This research was conducted in several department stores and supermarkets in Cilacap Regency, namely Rita, Berkah Jaya, Tammymart, Abadi Makmur and BULOG (RPK) outlets which were selected purposively meanwhile the respondents were selected by using incidental sampling method. The basic method used in this research was descriptive quantitative method. Descriptive analysis was used to understand the stages of decision making processes for purchasing premium rice. Factor analysis was used to analyze the determinant factors of consumers behaviour in decision making for purchasing premium rice. Fishbein Multi-attribute analysis was used to study the consumers attitude towards premium rice. The result shows (1) the 5 stages of premium rice purchasing consist of problem recognition, search for information, evaluation of alternatives, purchasing decisions, and post-purchase behavior; (2) the determinant factors of consumers behaviour are psychological, social, personal, and cultural factors; (3) consumers show positive attitudes on premium rice.

Kata Kunci : Beras premium, perilaku konsumen, keputusan pembelian

  1. S1-2021-409645-abstract.pdf  
  2. S1-2021-409645-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-409645-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-409645-title.pdf