PERILAKU UKM DI JAWA TENGAH DALAM MENCARI SUMBER PEMBIAYAAN
BILLY LUKMANFIANDY, Dr. Sumiyana, Ak., C.A., M.Si.
2021 | Tesis | Magister ManajemenIndustri perbankan sebagai penyedia jasa keuangan memerlukan pemahaman kepada perilaku para konsumennya dalam hal ini adalah para pelaku Usaha Kecil, dan Menengah (UKM). Di satu sisi, para pelaku usaha UKM memerlukan perbankan sebagai penunjang aktivitas usahanya baik itu dalam aktivitas transaksi maupun penyediaan modal usaha. Penelitian ini menjembatani yang diinginkan oleh para pelaku usaha UKM dan pihak perbankan sebagai mitra bisnisnya, sehingga pihak perbankan dapat melakukan pembaharuan atau perbaikan pada setiap aspek yang menjadi faktor pemilihan perbankan oleh pengusaha UKM di Jawa Tengah. Desain penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara terstruktur dengan memberikan pertanyaan terstruktur sekaligus menggali keterangan lebih lanjut pada jawaban narasumber. Faktor yang menjadi pertimbangan penentu dalam mencari sumber pembiayaan bagi pelaku usaha adalah kemudahan akses pembiayaan, persepsi bunga dan biaya, reputasi bank, pengetahuan produk dan bisnis, kualitas layanan, dan kesempatan bertumbuh yang dialami oleh pelaku usaha. Melalui hasil wawancara yang telah dilakukan didapati kemudahan akses pembiayaan, reputasi bank, produk bank yang beragam, kualitas layanan yang diberikan oleh bank menjadi cerapan penting dalam menentukan sumber pembiayaan. Besaran suku bunga dan biaya tidak menjadi pertimbangan penting bagi pelaku usaha dalam mencari sumber pembiayaan. Berdasarkan hasil tersebut, bank di Jawa Tengah perlu untuk meningkatkan kemudahan akses pembiayaan, meningkatkan kualitas layanan, meningkatkan reputasi bank, dan meningkatkan hubungan petugas bank dengan pelaku usaha.
The banking industry as a provider of financial services requires an understanding of its consumers behavior, in this case, Small and Medium Enterprises (SMEs). On the one hand, SMEs need banking to support their business activities, both in transaction activities and in providing business capital. This research bridges what SMEs and banks as business partners want, so that banks can update or improve in aspect that is a factor of consideration in choosing a bank by SMEs in Central Java. This research used a qualitative descriptive method by conducting structured interviews in structured questions as well as exploring further information on the answers given by the informants. Factors that become decisive considerations in finding sources of financing for business actors are the ease of access to financing, perceptions of interest and fees, bank reputation, products and business knowledge, service quality, and growth opportunities. Through the interviews, it was found that easy access, reputation, variety of banking products, and the quality of services provided are important perceptions in determining the source of financing. The amount of interest rates and fees are not important considerations for business actors in finding sources of financing. Based on these results, banks in Central Java need to improve the ease of access to financing, improve service quality, improve bank reputation, and improve relations between bank officers and business actors.
Kata Kunci : perilaku pemilihan bank, usaha kecil dan menengah, kesempatan bertumbuh, behavior in selecting bank, Small and Medium Enterprises (SMEs), opportunity to grow