Laporkan Masalah

PENGARUH DIMENSI-DIMENSI EMPLOYER BRAND TERHADAP INTENSI UNTUK MELAMAR PEKERJAAN: STUDI PADA GENERASI Z TERHADAP INDUSTRI FAST-MOVING CONSUMER GOODS (FMCG)

SEPTIANA SARI, Sari Sitalaksmi, M.Mgt., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dimensi-dimensi employer brand yaitu nilai interes, nilai sosial, nilai ekonomis, nilai aplikasi, dan nilai pengembangan terhadap intensi malamar pekerjaan, studi pada generasi Z terhadap industri fast-moving consumer goods (FMCG). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei untuk mengumpulkan data. Responden pada penelitian ini sebanyak 204 generasi Z yang tediri dari mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate di Indonesia sebagai calon pelamar kerja potensial. Metode analisis data menggunakan regresi linear berganda untuk menguji kelima hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi nilai interes, nilai ekonomis, nilai pengembangan, dan nilai aplikasi berpengaruh positif secara signifikan terhadap intensi melamar pekerjaan. Namun, penelitian ini tidak menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara nilai sosial dan intensi melamar pekerjaan.

This study aims to examine the influence of the dimensions of employer brand, namely interest value, social value, economic value, application value, and development value towards job application intention, study on generation Z towards fast-moving consumer goods (FMCG) industry. The quantitative research method was chosen using survey to collect data. Respondents in this study were 204 generation Z consisting of final year students and fresh graduates in Indonesia as potential job applicants. Multiple linear regression was conducted to analayze the five hypotheses. The results of this study showed that the dimensions of interest value, economic value, development value, and application value have a significant positive influence on the job application intention. However, this study did not show a significant positive influence between social value and the job application intention.

Kata Kunci : Employer Brand, Nilai Interes, Nilai Sosial, Nilai Ekonomis, Nilai Aplikasi, Nilai Pengembangan, Intensi Melamar Pekerjaan

  1. S1-2021-408786-abstract.pdf  
  2. S1-2021-408786-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-408786-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-408786-title.pdf