Laporkan Masalah

Seni dan Teknologi: Virtual Studio Technology Instrument sebagai Media Preservasi Alat Musik Panting

AKHMAD MU'IZZANUR S, Dr. Gea O.F. Parikesit, M.Sc.; Dr. Aton Rustandi Mulyana, M.Sn.

2021 | Tesis | MAGISTER PENGKAJIAN SENI PERTUNJUKAN DAN SENI RUPA

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui idiom, organologi, dan teknik permainan alat musik panting ditinjau dari permainan alat musik panting saat ini. Selain itu, penelitian ini juga menelusuri cara pengembangan VSTI dengan sistem sampler pada alat musik panting. Mendukung pemahaman mengenai cara pengembangan VSTI, penelitian ini juga menelusuri alasan dilakukannya cara tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai pengembangan VSTI panting dilakukan dengan pendekatan action research. Mixed methods terbatas dengan metode etnomusikologi yang dibantu eksperimen sebagai metode dalam penerapan action research yang dilakukan. Metode etnomusikologi digunakan untuk menjelaskan idiom, organologi, dan teknik permainan. Sedangkan eksperimen digunakan untuk menjawab cara dan alasan di balik pengembangan VSTI dengan sistem sampler. Berdasarkan hasil eksperimen dan analisis diketahui bahwa pada permainan alat musik panting masyarakat menggunakan tangga nada minor dan mayor bapalas yang lebih cocok jika dipahami sebagai posisi jari. Ciri penjarian ini membawa pemahaman permainan panting dekat dengan nada diatonik yang ada pada musik Barat. Proses sampling pada alat musik panting tanpa adanya acoustic treatment dilakukan dengan cara yang taktis saat perekamannya. Keadaan rekaman yang tidak ideal membuat proses post-production (mixing dan mastering) menjadi sangat diperlukan untuk memoles hasil rekaman tanpa mengubah data transient dari rekaman. Sample yang telah diolah dipetakan pada Native Instrument Kontakt sesuai dengan pakem yang dipahami melalui pengumpulan data tentang idiom, organologi, dan teknik permainan.Cara yang telah dilakukan pada pengembangan VSTIini pada saat penelitian ini dilakukan menjadi cara yang dianggap dapat merepresentasikan alat musik panting. Meskipun begitu, pelbagai pertimbangan dan refleksi membawa pada probabilitas sistem modeling dapat dikembangkan agar media preservasi dapat lebih berdikari.

This study aims to determine the idiom, organology, and technique of playing an important musical instrument in terms of playing an important musical instrument today. In addition, this study also explores how to develop VSTI with a sampler system on a panting instrument. Supporting an understanding of how VSTI is developed, this study also explores the reasons for doing so. This study is a research on the development of VST carried out with an action research approach. Limited mixed methods combined of ethnomusicology and assisted by experiments as a method for implementing action research. Ethnomusicology methods used to explain idioms, organology, and playing techniques. While the experiment is used to answer the methods and reasons behind the development of VST. Based on the analysis and experiment, panting playing technique uses minor and major bapalas scales which are more suitable if understood as finger positions. This fingering brings the understanding of panting playing technique is close to the diatonic notes found in 'Western' music. The sampling process on panting is conducted without any acoustic treatment and carried out in a tactical way during recording process. Recording conditions that are not ideal make the post-production process (mixing and mastering) indispensable to polish the recording without changing the transient data of the recording. The processed samples were mapped on the Native Instrument Kontakt according to the 'pakem' understood through data on idioms, organology, and playing techniques. The way that has been done in the development of this VSTI at the time of this research is a way that is considered to represent panting. Even so, various considerations and reflections lead to the probability that a modeling system can be developed so to improve the preservation media.

Kata Kunci : Preservasi, Virtual Studio Technology, Alat Musik Virtual, Panting, Musik Komputer

  1. S2-2021-435257-abstract.pdf  
  2. S2-2021-435257-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-435257-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-435257-title.pdf