Laporkan Masalah

Pengaruh Kepercayaan (Trust) pada Intensi Keberlanjutan Penggunaan Aplikasi Pembayaran Bergerak (M-Payment)

AYU DIANA ANSORI, Dr. Sahid Susilo Nugroho, M.Sc.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini merupakan replikasi dari studi Shao et al. (2019) yang bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan pada intensi keberlanjutan penggunaan aplikasi pembayaran bergerak (m-payment). Penelitian ini juga menganalisis faktor-faktor pembentuk kepercayaan atau anteseden berupa mobilitas, kustomisasi, keamanan, dan reputasi; pengaruh kepercayaan pada persepsi risiko; pengaruh persepsi risiko pada intensi keberlanjutan; serta pengaruh moderasi gender pada hubungan antara anteseden dan kepercayaan. Penelitian ini merupakan riset kuantitatif yang dilakukan dengan metode survei. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan nonprobability sampling metode purposive sampling. Sebanyak 225 responden yang merupakan pengguna aplikasi pembayaran bergerak di Indonesia berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan menggunakan Structural Equation Modelling berbasis varian atau Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kustomisasi, keamanan, dan reputasi berpengaruh positif dan signifikan pada kepercayaan. Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan pada intensi keberlanjutan dan berpengaruh negatif pada persepsi risiko. Sedangkan mobilitas tidak berpengaruh pada kepercayaan, persepsi risiko tidak berpengaruh pada intensi keberlanjutan, dan tidak terdapat pengaruh moderasi gender pada hubungan antara anteseden dan kepercayaan.

This research is a replication of the study by Shao et al. (2019) with the aim to analyse the effect of trust on m-payment continuance intention. This research also test the antecedents of trust, such as mobility, customization, security, and reputation together with the effect of trust on perceived risk, perceived risk on continuance intention, and the moderating effect of gender on these antecedents of trust. The quantitative research with survey method was used and the sampling design was obtained by using nonprobability sampling-purposive sampling. A total of 225 respondents who are m-payment users in Indonesia participated in this research. The hypotheses testing was performed by using SEM-PLS. The findings showed that customization, security, and reputation positively affect trust. Trust positively affect continuance intention and negatively affect perceived risk. However, the effect of mobility on trust, the effect of perceived risk on continuance intention, and the moderating effect of gender were found to be insignificant.

Kata Kunci : pembayaran bergerak, dompet elektronik, kepercayaan, intensi keberlanjutan, persepsi risiko, mobilitas, kustomisasi, keamanan, reputasi, mobile payment, m-payment, e-wallet, trust, continuance intention, perceived risk, mobility, customization, security,

  1. S2-2021-452418-abstract.pdf  
  2. S2-2021-452418-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-452418-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-452418-title.pdf