Laporkan Masalah

PELAYANAN JEEVA YOGYAKARTA DITINJAU MELALUI PRINSIP INTEGRITAS MORAL DALAM ETIKA BISNIS

Bhima Dwika Atmadja, Dr. Ridwan Ahmad Sukri

2021 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Dalam penelitian yang berjudul Pelayanan Jeeva Yogyakarta Ditinjau Melalui Prinsip Integritas Moral dalam Etika Bisnis ini ditujukan untuk memaparkan jasa pelayanan Jeeva Yogyakarta, sebuah kafe dan resto, ditinjau dari prinsip integritas moral dalam diskursus etika bisnis. Prinsip integritas moral akan diurai dari tingkat dasar penalaran terhadap isu moral yang dimiliki pelaku bisnis, dan bagaimana hal ini berimplikasi terhadap pelayanan Jeeva Yogyakarta secara umum. Dalam penelitian ini digunakan model penelitian kualitatif dengan pelayanan Jeeva Yogyakarta sebagai objek material, dan prinsip integritas moral dalam etika bisnis sebagai objek fomal. Penelitian ini melalui tahap observasi, wawancara, inventarisasi data, analisis sintesis. Penelitian ini disusun dengan menggunakan unsur metodis deskripsi, interpretasi, dan holistika. Dalam penelitian ini dihasilkan kesimpulan bahwa 1) Berangkat dari sumber moralitas pada pelaku bisnis, prinsip no harm dalam prinsip keadilan mengandung sebuah imperatif moral yang bersifat eksternal yang merupakan tuntutan dari perusahaan, sedangkan prinsip integritas moral mengandung sebuah imperatif moral yang bersifat internal dan diterima menjadi milik pribadi, yang nantinya mampu berimplikasi secara dominan dalam pelayanan. 2) Pelayan Jeeva Yogayakarta mendasari pelayanan yang dilakukan pada nilai menghormati martabat individu dan kesamaan hak asasi manusia, dimana nilai tersebut telah menjadi imperatif moral yang diterima menjadi milik pribadi oleh setiap pelayan Jeeva Yogyakarta, bukan lagi merupakan sebuah tuntutan dari perusahaan. Setiap pelayan Jeeva Yogyakarta juga melalui empat tahapan penalaran etis dalam pengambilan keputusan etis pada setiap implementasi tindakan pelayanan yang dilakukan.

In this study entitled Jeeva Yogyakarta Services Reviewed Through the Principles of Moral Integrity in Business Ethics, the researcher aims to present the services of Jeeva Yogyakarta, a café and restaurant, from the principle of moral integrity in the discourse of business ethics. The principle of moral integrity will be coherently defined from the basic level of reasoning on the moral issues in bussiness circumstances, and how this has implications for Jeeva Yogyakarta's services in general. In this study, a qualitative research model was used with Jeeva Yogyakarta's services as a material object, and the principle of moral integrity in business ethics as a formal object. This research goes through the stages of observation, interview, data inventory, synthesis analysis. This research was compiled using methodical elements of description, interpretation, and holistica. This research concludes that 1) Departing from the source of morality in business people, the principle of no harm in the principle of justice contains an external moral imperative which is a demand from the company, while the principle of moral integrity contains an internal moral imperative and is accepted as property. personal, which will be able to have dominant implications in service. 2) Servants of Jeeva Yogayakarta base their services on the value of respecting individual dignity and equal human rights, where these values have become a moral imperative that is accepted as private property by every Jeeva Yogyakarta servant, no longer a demand from the company. Every Jeeva Yogyakarta servant also goes through four stages of ethical reasoning in making ethical decisions on each service action implementation.

Kata Kunci : integritas moral, pelayanan, etika bisnis

  1. S1-2021-377477-abstract.pdf  
  2. S1-2021-377477-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-377477-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-377477-title.pdf