Laporkan Masalah

Pengukuran Tingkat Kepuasan Produk Makanan Khas Korea pada Industri Rumah Tangga "Serenoona", Karawang, Jawa Barat

RADEN RARA HANA A B, Anjar Ruspita Sari, S.T.P., M.Sc.

2021 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI

Serenoona merupakan salah satu usaha kuliner yang menyediakan makanan khas Korea di Karawang. Banyaknya persaingan membuat Serenoona memerlukan alternatif dalam mengevaluasi kinerja produk dan layanan yang belum pernah dilakukan untuk memenuhi kepuasan produk dan layanan untuk memenuhi kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen sangat penting dalam berbisnis karena berpotensi membentuk loyalitas konsumen. Penelitian bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan pada produk makanan khas Korea pada Industri Rumah Tangga Serenoona di Karawang. Penelitian menggunakan metode analisis deskriptif dengan pengukuran nilai rata-rata. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposive sampling melalui kuesioner dengan 5 variabel yang dinilai yaitu kualitas produk, kualitas kemasan, kualitas pelayanan, harga, promosi dan proses pemesanan. Responden yang mengisi kuesioner berjumlah sebanyak 110 orang, mayoritas menjawab sangat setuju dan setuju pada kepuasan yang dirasakan. Hasil pengukuran kepuasan menunjukkan nilai kepuasan kualitas produk yaitu 3,66, kualitas kemasan 3,56, kualitas pelayanan 3,55, harga 3,36, serta pada promosi dan pemesanan 3,50. Seluruh atribut memiliki nilai antara 3,25-4,00 yang menunjukkan bahwa konsumen merasa sangat puas terhadap yang diujikan.

Serenoona is one of the culinary businesses that provides Korean specialties in Karawang. The amount of competition makes Serenoona need alternatives in evaluating the performance of products and services that have never been done to meet product and service satisfaction to meet customer satisfaction. Consumer satisfaction is very important in business because it has the potential to form consumer loyalty. This study aims to measure the level of satisfaction with Korean food products at the Serenoona Home Industry in Karawang. The study used descriptive analysis method with the measurement of the average value. Data was collected by purposive sampling technique through questionnaires with 5 variables assessed, namely product quality, packaging quality, service quality, price, promotion and ordering process. Respondents who filled out the questionnaire amounted to 110 people, the majority answered strongly agree and agree on the perceived satisfaction. The results of the satisfaction measurement show that the value of product quality satisfaction is 3.66, packaging quality is 3.56, service quality is 3.55, price is 3.36, and promotion and ordering is 3.50. All attributes have a value between 3.25-4.00 which indicates that consumers are very satisfied with what is being tested.

Kata Kunci : kepuasan konsumen, kualitas produk, makanan Korea.

  1. D3-2021-425734-abstract.pdf  
  2. D3-2021-425734-bibliography.pdf  
  3. D3-2021-425734-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2021-425734-title.pdf