Laporkan Masalah

PENDEKATAN ANALISIS ISI DAN SERVICE BLUEPRINT PADA PENGEMBANGAN PRODUK BARU

YOSEPHINE AUDRIANA, Rika Fatimah P.L., S.T., M.Sc., Ph.D.

2021 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

CV Astodayagiri adalah perusahaan pembuat perlengkapan petualangan luar rumah. Semenjak berdiri di tahun 1997, produk CV Astodayagiri telah diekspor ke berbagai negara seperti Amerika hingga Eropa. Pada tahun 2020, perekonomian Indonesia menurun yang berdampak pada penjualan produk CV Astodayagiri yang menurun. Perusahaan melalui mereknya yaitu Fieldtrek mengembangakan produk baru bernama Tjode Bag yang merupakan tas selempang dengan konsep multicolour. Konsep tas ini berbeda dari produk yang sebelumnya dibuat. Selain itu, tas Tjode Bag ini merupakan kali pertama CV Astodayagiri menggunakan teknologi lokapasar daring untuk melakukan penjualan. Penelitian ini mencakup faktor pendorong produk baru, proses pengembangan produk baru, faktor yang mempengaruhi produk baru, dan desain proses layanan CV Astodayagiri. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan studi kasus dengan metode analisis isi dan analisis service blueprint yang didukung dengan sumber data primer dan sekunder. Berdasarkan analisis yang dilakukan, ada beberapa temuan yaitu: 1) terdapat tiga faktor yang mendorong pengembangan produk baru Tjode Bag; 2) proses pengembangan produk baru melewati lima fase proses. 3) tedapat lima faktor yang mempengaruhi pengembangan produk baru Tjode Bag; 4) desain proses layanan pada penjualan produk Tjode Bag dibagi menjadi empat tahap.

CV Astodayagiri is a manufacturer of outdoor adventure gear. Since its establishment in 1997, CV Astodayagiri's products have been exported to various countries like America and Europe. In 2020, the Indonesian economy declined, which impacted declining sales of CV Astodayagiri products. Through its brand, Fieldtrek has developed a new product called Tjode Bag, a sling bag with a multicolor concept. The concept of this bag is different from the products that were previously made. In addition, this Tjode Bag bag is the first time CV Astodayagiri has used online marketplace technology to make sales. This research covers the driving factors of new products, the new product development process, the factors that influence the new products, and the CV Astodayagiri service process design. The approach used is a case study approach with content analysis methods and service blueprint analysis supported by primary and secondary data sources. Based on the research conducted, there are several findings: 1) there are three factors that encourage the development of new Tjode Bag products; 2) the new product development process goes through five process phases. 3) five factors influence the development of new Tjode Bag products; 4) four stages of the service process design for selling Tjode Bag products.

Kata Kunci : pengembangan produk, klasifikasi produk, faktor pendorong produk, tahapan pengembangan produk, faktor mempengaruhi pengembangan produk, desain proses layanan, fesyen

  1. S1-2021-408789-abstract .pdf  
  2. S1-2021-408789-bibliography .pdf  
  3. S1-2021-408789-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-408789-title.pdf