Laporkan Masalah

PENGARUH SPIRITUALITAS DI TEMPAT KERJA TERHADAP KOMITMEN AFEKTIF DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASIAN (Studi pada Generasi Milenial yang Bekerja di Sektor Perbankan Wilayah Jawa Barat)

ASEP KURNIA, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.,

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh spiritualitas di tempat kerja terhadap komitmen afektif dengan kecerdasan emosional sebagai variabel pemoderasian. Studi ini dilakukan pada generasi milenial yang bekerja di sektor perbankan yang berada di wilayah Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan metode pengumpulan data yang digunakan adalah survei. Jumlah responden yang didapatkan sebanyak 195 responden yang telah bekerja minimal 1 tahun dan lahir pada rentang tahun 1980-2000. Metode analisis data menggunakan metode regresi linier sederhana dan moderated regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini membuktikan bahwa spiritualitas di tempat kerja secara signifikan berpengaruh positif terhadap komitmen afektif dan kecerdasan emosional tidak memoderasi pengaruh positif spiritualitas di tempat kerja terhadap komitmen afektif.

This research aims to analyze the influence of workplace spirituality on affective commitment with emotional intelligence as moderating variable. The research focuses on millennial generation who works in banking sector in West Java. This is a quantitative research with survey being used as data collection method. There are 195 respondents who have worked for at least a year and were born in the range of 1980 2000. Method of data analysis being used are simple linear regression and moderated regression analysis (MRA). The study proves that workplace spirituality has a significant positive effect on affective commitment, and emotional intelligence does not moderate the positive effect of workplace spirituality on affective commitment.

Kata Kunci : Spiritualitas di Tempat Kerja, Komitmen Afektif, Kecerdasan Emosional

  1. S2-2021-436756-abstract.pdf  
  2. S2-2021-436756-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-436756-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-436756-title.pdf