Laporkan Masalah

MODIFIKASI MODEL BISNIS KEDAI AVINITY DENGAN DIVERSIFIKASI PRODUK BERUPA KOPI CELUP AVINITY

BRIGITTA TITA G, Bayu Sutikno S.E., Cand.Merc., Ph.D.

2021 | Tesis | Magister Manajemen

Kedai Avinity merupakan sebuah kedai kopi beserta roastery yang berlokasi di Totogan, Madurejo, Prambanan. Selama hampir satu tahun berdiri, Kedai Avinity mengalami penjualan yang fluktuatif, bahkan cenderung menurun untuk penjualan biji kopi. Tidak adanya aspek diferensiasi juga dapat menjadi alasan penurunan penjualan pada Kedai Avinity. Salah satu upaya untuk meningkatkan penjualan kembali ialah dengan melakukan inovasi. Inovasi dibuat dengan tujuan menciptakan nilai yang baru dalam sebuah perusahaan, serta membantu pertumbuhan dan pengembangan perusahaan. Salah satu upaya dalam melakukan inovasi ialah dengan melakukan diversifikasi produk. Diversifikasi produk yang dilakukan dapat memiliki kesinambungan dengan produk yang telah ada sebelumnya, ataupun tidak terkait sama sekali. Diversifikasi produk dibutuhkan agar konsumen memiliki banyak alternatif pilihan, serta perusahaan dapat memasuki ceruk pasar yang baru, dan memproteksi dari produk unggulan lain yang muncul sebagai kompetitor. Penelitian dilakukan untuk merancang modifikasi model bisnis Kedai Avinity dengan diversifikasi produk berupa Kopi Celup Avinity. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan alat analisis sembilan blok kanvas (nine building blocks). Kopi Celup yang akan dirilis ialah Kopi Celup Nusantara, dimana didalam satu kemasan terdapat 10 buah kopi celup yang berasal dari satu daerah. Kopi Celup pertama yang akan dirilis berasal dari daerah Jawa. Modal yang dibutuhkan sebesar Rp 14.359.000. Berdasarkan proyeksi keuangan yang didapatkan, didapatkan hasil NPV sebesar Rp 210.706.001, IRR 146% dan tingkat pengembalian selama 1 tahun 7 bulan.

A coffee shop and a roastery simultaneously called Kedai Avinity is located in Totogan, Madurejo, Prambanan. For almost a year, this coffee shop has experienced a fluctuation in sales rate, not to mention its declining coffee bean sales. It appears that the absence of differentiation aspects might be contributing to the decreased sales. Therefore, an innovation should be done to increase the sales by creating a new value to help the growth and development of the company. The aforementioned innovation is product diversification. It allows the product to have a connection with the prior product or even with the unrelated one. This is necessary for consumers to obtain several alternatives, the companies to come into new market niches, and protect them from superior products that could happen to be their competitors. The purpose of this study is to design the modification of Kedai Avinity's business model with product diversification such as Avinity Coffee Dip. The study used a descriptive qualitative method, with nine building blocks as the analysis tool. The product that will be launched as the first coffee dip product is Kopi Celup Nusantara, which each package contains 10 coffee bags that came from the the Java Region. Approximately Rp 14.359.000 is required to support this venture. According to the acquired financial projections, the NPV results are Rp 210.706.001, an IRR of 146% and a rate of return for 1 year 7 months.

Kata Kunci : modifikasi model bisnis, kanvas model bisnis, diversifikasi produk, kedai kopi

  1. S2-2021-452425-abstract.pdf  
  2. S2-2021-452425-bibliography.pdf  
  3. S2-2021-452425-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2021-452425-title.pdf