Laporkan Masalah

Buku Jenama Desa Guwosari: Identitas Guwosari sebagai Desa Wisata Sejarah

HARI SONGKO TRI W, Lidwina Mutia Sadasri, S.IP., M.A.

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Skripsi karya ini disusun untuk proyek pembangunan Desa Wisata Berbasi Sejarah Guwosari. Proyek ini merupakan hasil kerja sama antara Departemen Ilmu Komunikasi, RWE Digital Agency dan Pemerintahan Desa Guwosari. Desa Guwosari memiliki hubungan sejarah dengan perjuangan Pangeran Diponegoro melawan penjajahan di tanah Jawa. Namun cerita mengenai perjuangan Pangeran Diponegoro di Guwosari belum banyak diketahui oleh masyarakat. Oleh sebab itu cerita sejarah Pangeran Diponegoro akan diangkat melalui wisata sejarah. Tujuan dari skripsi karya ini adalah untuk membantu Desa Guwosari menjadi jenama yang siap untuk terjun ke pasar dan mengundang wisatawan. Bentuk penjenamaan tersebut tertuang dalam buku jenama yang disusun dan mengandung identitas jenama. Identitas jenama yang dimaksud berupa logo, slogan, warna, jenis huruf, gaya penulisan, tone and manner dan gaya fotografi. Buku jenama yang berisikan identitas jenama ini akan menjaga konten yang diproduksi tetap konsisten dan menciptakan citra jenama sesuai yang telah ditetapkan. Pada akhir periode kerja sama, Desa Guwosari menyetujui untuk menggunakan karya sebagai pedoman produksi konten untuk promosi wisata sejarah Desa Guwosari.

This research is constructed for the development of Guwosari Village's historical-based tourism. The project is a result of the partnership between Department of Communication Science, RWE Digital Agency, and Guwosari's local government. Guwosari has a deep historical connection with Prince Diponegoro's battle against the colonizers in Java. However, the tale is still unfamiliar to many Indonesian citizens. In order to promote the history, this story will be retold through a historical tourism. The purpose of this research is to help elevating Guwosari's branding and promote its tourism to appeal to tourists. The branding made will be conveyed through a brand book which includes Guwosari's brand identity. Brand identity comprises of logo, slogan, color palette, typeface, tone and manner, also photography style. This brand book will also help to keep all Guwosari's production contents to be consistent, as it serves as a guideline, and create a brand image that has been agreed beforehand. At the end of the partnership periode, Guwosari has agreed to use this creation as their content production guideline in order to promote their historical tourism.

Kata Kunci : buku jenama, identitas jenama, sejarah Pangeran Diponegoro, desa wisata

  1. S1-2021-399324-abstract.pdf  
  2. S1-2021-399324-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-399324-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-399324-title.pdf