Laporkan Masalah

STRATEGI KOMUNIKASI PROGRAM PUSAT BELAJAR GURU

Mohammad Ryan Ditto Xavier, Drs. I GUSTI NGURAH PUTRA, MA.

2021 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Keterbatasan yang ada dalam dunia pendidikan dapat menjadi peluang investasi bagi ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) untuk mengembangkan suatu program berkelanjutan dan mendukung kemajuan bisnis. Program Pusat Belajar Guru (PBG) merupakan bentuk suatu kontribusi nyata yang dilakukan oleh EMCL dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan untuk membantu masyarakat di wilayah sekitar operasi. Untuk meningkatkan partisipasi publik (penerima manfaat atau sebagai stakeholder-nya secara langsung), strategi komunikasi menjadi syarat dan instrumen penting dalam pengambilan kebijakan yang efektif. EMCL menggunakan konsep Strategic Community Investment (SCI) pada program CSR (Corporate Social Responsibility) untuk menghilangkan paradigma ketergantungan. Penyusunan strategi komunikasi yang ada pada kegiatan atau program CSR hingga dapat berjalan secara mandiri menjadi dasar pedoman agar perusahaan mendapatkan social license to operate atau ijin operasi secara sosial. Penelitian ini dilakukan untuk menganlisis strategi komunikasi yang ada pada program PBG yangmana merupakan salah satu program binaan unggulan EMCL. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di dua kota yakni Bojonegoro dan Tuban, tepatnya di Kantor Pusat Belajar Guru Bojonegoro dan Kantor Pusat Belajar Guru Tuban. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi kepada masyarakat (guru dan tenaga pendidik) Tuban dan Bojonegoro yang menjadi penerima manfaat sekaligus pelaksana program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat empat tahap strategi komunikasi mulai dari proses perencanaan, strategi dan taktik, monitoring dan evaluasi hingga muncul stereotip masyarakat terhadap guru atau tenaga pendidik.

The limitations that exist in education can be an investment opportunity for ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) to develop a sustainable program and support business progress. The Teacher Learning Center (PBG) program is a contribution made by EMCL with the aim of improving the quality of education to help communities in the area around operation. To increase public participation (beneficiaries or as direct stakeholders), communication strategy is an important requirement and instrument for making effective policy. EMCL uses the concept of Strategic Community Investment (SCI) in its CSR (Corporate Social Responsibility) program to eliminate the dependency paradigm. The formulation of a communication strategy that exists in CSR activities or programs so that it can run independently becomes the basic for guidelines so that companies get a social license to operate. This research was conducted to analyze the existing communication strategies in the PBG program, which is one of EMCLs best practice programs. The research method used is a qualitative with a descriptive case study approach. The location of the research was conducted in two cities, Bojonegoro and Tuban, exactly at Bojonegoro Teacher Learning Center Office and Tuban Teacher Learning Center Head Office. This research used observation, interviews, and documentation for data collection techniques to the community (teachers and educators) of Tuban and Bojonegoro who were the beneficiaries and program implementers. The results showed that there were four stages of communication strategy, starting from the planning process, strategy and tactics, monitoring and evaluation, so that stereotypes emerged from society towards teachers or educators.

Kata Kunci : Coorporate Social Responsibilty, Strategic Community Investment, Strategi Komunikasi, Pusat Belajar Guru.

  1. S1-2021-379838-abstract.pdf  
  2. S1-2021-379838-bibliography.pdf  
  3. S1-2021-379838-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2021-379838-title.pdf