Laporkan Masalah

PENGARUH SOSIALISASI PERPAJAKAN MELALUI MEDIA ONLINE DAN PERSEPSI WAJIB PAJAK ATAS MODERNISASI SISTEM ADMINISTRASI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI NON KARYAWAN (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Purworejo)

MELANIA KRISNA N, Mardiasmo, Prof., Dr. Ak., MBA.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sosialisasi perpajakan melalui media online dan persepsi wajib pajak atas penerapan e-Registration, e-Billing, e-SPT, e-Filing, dan e-Form yang terangkum dalam e-tax services terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan. Penelitian ini dilakukan dengan metode cross sectional studies dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Responden dalam penelitian ini adalah wajib pajak orang pribadi non karyawan yang terdaftar di KPP Pratama Purworejo. Metode pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive dan convenience sampling. Terdapat 126 kuesioner yang dapat dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan offline. Akan tetapi, hanya 87 kuesioner yang dapat diproses lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi wajib pajak atas e-Billing dan e-Filing berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan. Sementara itu, tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari variabel sosialisasi perpajakan melalui media online dan persepsi wajib pajak atas e-Registration, e-SPT, dan e-Form terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi non karyawan.

The objective of this research is to find out the impact of the tax socialization through online media and the taxpayer perception on e-Registration, e-Billing, e-SPT, e-Filing, and e-Form which is summarized in e-tax services towards non-employee individual taxpayer compliance. This research is conducted at a certain time (cross sectional studies) and use questionnaire as the research instrument. The respondent of this research are the non-employee individual taxpayers who are registered in KPP Pratama Purworejo. The sampling method is purposive and convenience sampling. By deploying questionnaires online and offline, there are 126 questionnaires can be gathered. However, there are only 87 questionnaires that can be processed. The result of this research showed that taxpayer perception on e-Billing and e-Filing variable have positive and significant impact towards non-employee individual taxpayer compliance. But, there is no significant impact towards non-employee individual taxpayers� compliance on the tax socialization through online media and taxpayer perception on e-Registration, e-SPT, and e-Form variable.

Kata Kunci : kepatuhan pajak, sosialisasi perpajakan, media online, persepsi wajib pajak, e-tax services, wajib pajak orang pribadi non karyawan

  1. S1-2020-393240-abstract.pdf  
  2. S1-2020-393240-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-393240-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-393240-title.pdf