Laporkan Masalah

ANALISIS PENGARUH PERSEPSI TANGGUNG JAWAB SOSIAL PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN LOYALITAS KARYAWAN (STUDI KASUS PADA KARYAWAN PERUSAHAAN MULTINASIONAL X DI JAKARTA)

IRMA OKTAVIA K D, Dian Kartika Rahajeng, S.E., M.Sc., Ph.D.

2020 | Skripsi | S1 AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi karyawan Perusahaan Multinasional X di Jakarta mengenai kegiatan tanggung jawab sosial yang dilakukan oleh perusahaan kepada karyawannya terhadap kepuasan, komitmen organisasional, dan loyalitas karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan etika bisnis dan metode kuantitatif dalam bentuk analisis statistik berdasarkan hasil respon kuesioner yang disebarkan di kantor pusat Perusahaan Multinasional X yang terletak di Jakarta Selatan. Penelitian ini menunjukkan bahwa para karyawan telah menyadari dan mengakui adanya kegiatan tanggung jawab sosial yang diterapkan kepada mereka. Hasil uji regresi linier berganda menyatakan bahwa persepsi karyawan terhadap kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan berpengaruh secara positif terhadap kepuasan, komitmen organisasional afektif dan normatif, dan loyalitas karyawan Perusahaan Multinasional X. Dari empat pengujian hipotesis, persepsi terhadap kegiatan tanggung jawab sosial Perusahaan Multinasional X memiliki pengaruh yang paling signifikan terhadap kepuasan karyawan dan memiliki pengaruh terendah terhadap komitmen organisasional afektif.

This research aims to determine the effect of employee perceptions of X Multinational Company in Jakarta regarding social responsibility activities carried out by the company to its employees on satisfaction, organizational commitment, and employee loyalty. This study uses a business ethics approach and quantitative methods in the form of statistical analysis based on the results of questionnaire responses distributed at the head office of X Multinational Company, located in South Jakarta. This research shows that employees have been aware and acknowledged the existence of social responsibility activities applied to them. The results of the multiple linear regression test state that employee perceptions of corporate social responsibility activities have positive effect on satisfaction, affective and normative organizational commitment, and employee loyalty of X Multinational Company. Of the four hypotheses testing, perception towards corporate social responsibility activities has the most significant influence on employee satisfaction and has the lowest effect on affective organizational commitment.

Kata Kunci : Tanggung jawab sosial perusahaan, kepuasan karyawan, komitmen organisasional, loyalitas karyawan, etika bisnis/Corporate social responsibility, employee satisfaction, organizational commitment, employee loyalty, business ethics

  1. S1-2020-397028-abstract.pdf  
  2. S1-2020-397028-bibliography.pdf  
  3. S1-2020-397028-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2020-397028-title.pdf