Laporkan Masalah

DO WHAT YOU LOVE FOR THE GREATER GOOD : MEANING OF WORK INFLUENCER INDONESIA DENGAN KONTEN SOCIAL AWARENESS

HAYU PRIMA I, Fathul Himam, Drs., M.Psi., M.A., Ph.D., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Berkembangnya media sosial menciptakan pekerjaan baru influencer. Influencer sering diasosiasikan dengan perilaku membeli sehingga dianggap pekerjaan remeh dan tidak memerlukan keahlian. Namun, tidak semua influencer berfokus pada pemasaran, beberapa influencer menyebarkan informasi, membangun kesadaran sosial hingga mentransfer value yang mereka miliki melalui unggahan sosial media sehingga menghasilkan pengaruh sosial yang cukup besar dalam masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui work value yang dimiliki 8 orang responden influencer Indonesia dengan konten social awareness sehingga mereka tetap bertahan setia dalam perjuangan mereka. Work value merupakan faktor yang mempengaruhi motivasi intrinsik serta makna bekerja pada individu. Penelitian menggunakan metode fenomenologi transendental. Hasil penelitian menunjukkan influencer memiliki work value berkontribusi pada kebaikan orang lain (for the greater good) dan melakukan apa yang dicintai (do what you love). Kedua nilai mendorong influencer menemukan meaning of work melakukan apa yang dicintai (do what you) untuk berkontribusi pada kebaikan orang lain (for the greater good). Meaning of work berkontribusi pada kebaikan orang (for the greater good) menjadi motivasi internal yang memampukan influencer bertahan dan menghadapi tantangan.

The development of social media create influencer as a new job. Influencers are often associated with purchase behavior so they are considered as trivial jobs and do not require expertise. However, not all influencer focusses on marketing, some influencer disseminates information, build social awareness and transfers the value they obtain through their social media content, until unconsciously raise social influence among society. This research is intended to find out the work value of the 8 Indonesian influencers as research respondent with social awareness in their social media content so they remain faithful toward their struggle. Work value itself is a factor influencing intrinsic motivation and meaning of work in individuals. The research using transcendental phenomenology methods. The results show influencers driven by work value: for the greater good and do what you love. Both value encourage influencer to find their meaning of work : do what you love for greater good. Meaning of work for greater good has become internal motivation that enable influencer to withstand and face the challenge.

Kata Kunci : influencer, work value, trancendetal phenomenology, meaning of work

  1. S2-2019-403917-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403917-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-403917-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403917-title.pdf