Laporkan Masalah

KREATIVITAS PUSTAKAWAN UNTUK MENINGKATKAN LAYANAN PERPUSTAKAAN DAN KINERJA PUSTAKAWAN DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS GADJAH MADA (UGM)

PINDYANA ADIATAMA, Dr. Phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si

2019 | Tesis | MAGISTER KAJIAN BUDAYA DAN MEDIA

Perpustakaan Perguruan Tinggi merupakan jantungnya perguruan tinggi. Di era teknologi informasi saat ini kebutuhan dan keinginan pemustaka bermacam-macam dan berubah-ubah. Pustakawan dituntut untuk kreatif serta memiliki kompetensi ketika mengelola perpustakaan dan melayani pemustaka. Pustakawan harus mengembangkan kinerjanya yang lebih baik dengan memperhatikan kualitas layanan terhadap pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas untuk meningkatkan layanan dan kinerja pustakawan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu ragam-ragam kreativitas pustakawan berasal dari kinerja yang dilakukan pustakawan dapat dilihat dari keahlian dan kemampuan yang diperoleh pustakawan melalui pendidikan formal ilmu perpustakaan baik itu D3, S1, S2 ataupun S3. Selain keahlian pustakawan membutuhkan keterampilan yang diperoleh dari mengikuti dan mengadakan pelatihan, workshop, sosialisasi dan bedah buku. Motivasi yang dilakukan pustakawan dalam mendorong kreativitas yaitu motivasi intrinsik yang berasal dari diri sendiri seperti menulis karya ilmiah/call for paper yang berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan pustakawan, adapula motivasi ekstrinsik yaitu dukungan dari pimpinan dan tim kerja yang sudah baik mempengaruhi kreativitas pustakawan. Lingkungan organisasi juga mendorong adanya kreativitas seperti kualitas SDM. SDM perpustakaan Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah memiliki kompetensi dan keahlian yang sudah dipersyaratkan. Selain itu penghargaan yang diberikan kepada pustakawan yang dapat dilihat pada kinerja dan aspek perilaku pustakawan yang digunakan untuk menghitung insentif.

The college library is the heart of higher education. In the era of information technology today the needs and desires of the settlers vary and change. Librarians are required to be creative and have competence when managing libraries and serving the users. Librarians must develop better performance by observing the quality of service for the settlers. The research aims to know the creativity to improve the service and performance of the librarian. This research uses qualitative methods. The results of this study are the variety of creativity of the librarians derived from the performance of the librarian can be seen from the skills and abilities obtained by the librarian through the science of formal education library either D3, S1, S2 or S3. In addition, librarian skills require skills gained from following and conducting training, workshops, socialization and book surgeries. A librarian's motivation to encourage creativity is intrinsic motivation that comes from oneself such as writing scientific work/call for paper that is useful for adding knowledge and insight to librarian, extrinsic motivation The support from the leadership and the work team that has been well influenced the creativity of librarians. The organizational environment also encourages creativity such as quality of human resources. The Human Resources Library of Gadjah Mada University (UGM) already has the competence and expertise that has been required. In addition, awards are given to librarians that can be seen in the performance and behavioral aspects of the librarian used to calculate incentives.

Kata Kunci : Kreativitas, kinerja pustakawan, layanan perpustakaan

  1. S2-2019-405054-abstract.pdf  
  2. S2-2019-405054-bibliography.pdf  
  3. S2-2019-405054-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-405054-title.pdf