Laporkan Masalah

Validasi Modul Literasi Kesehatan Mental Untuk Meningkatkan Self efficacy Guru Pendamping Dalam Melakukan Deteksi Dini Permasalahan Kesehatan Mental

EIS MASITAH, Diana Setiyawati S.Psi.,MHSc., Ph.D., Psikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Guru pendamping di sekolah berasrama memiliki peran sangat strategis untuk mengidentifikasi, meningkatkan dan, mencegah perkembangan masalah kesehatan mental. Oleh karena itu keyakinan guru pendamping untuk mengenali permasalahan kesehatan mental sangat penting untuk melakukan deteksi dini. Belum tersedianya modul untuk meningkatkan pengetahuan dan keyakinan guru dalam melakukan deteksi dini permasalahan kesehatan mental mendorong peneliti untuk mengembangkan suatu modul yang dapat meningkatkan self-efficacy guru pendamping dalam melakukan deteksi dini permasalahan kesehatan mental di Sekolah berasrama. Validasi modul dalam penelitian ini dilakukan dengan validasi isi modul dengan melibatkan 5 orang profesional judgement dan validasi fungsional dengan menggunakan desain kuasi eksperimen dengan rancangan Untreated Control Group With Pretest And Posttest. Enam belas partisipan dibagi dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil koefisien validitas isi validasi modul menunjukkan kelompok eksperimen mengalami peningkatan yang signifikan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul memiliki validitas konten dan fungsional yang baik untuk meningkatkan self efficacy guru pendamping dalam melakukan deteksi dini permasalahan kesehatan mental.

A Boarding school teacher has an important role in identifying, improve and prevent the development of mental health problems. The confidence of the teachers to recognize mental health problems is for early detection. There are no modules available to increase teacher's knowledge and confidence in the early detection of mental health problems in boarding schools. The module validation in this study was conducted content validation with 5 professional judgments and functional validation using a quasi-experimental design with the Untreated Control Group With Pretest And Posttest design. Sixteen teachers were divided into the experimental group and the control group. The results show that the module has good content and functional validity to improve the self-efficacy of accompanying teachers in the early detection of mental health problems.

Kata Kunci : deteksi dini, literasi kesehatan mental, self-efficacy, validasi modul

  1. S2-2019-403905-abstract.pdf  
  2. S2-2019-403905-bibliography.pdf.pdf  
  3. S2-2019-403905-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2019-403905-title.pdf