ANALISIS BIAYA KUALITAS DENGAN MODEL PAF PADA PERUSAHAAN MEBEL (CV. KAYU MANIS)
AULIA KUSUMA DIPRAJA, Amanda Acintya, S.E., M.Sc.
2019 | Skripsi | S1 AKUNTANSIPenelitian ini bertujuan untuk menilai penerapan pengendalian kualitas serta mengevaluasi penyusunan laporan biaya kualitas pada CV. Kayu Manis. Penilaian manajemen kualitas total dilakukan dengan melihat ketercapaian keberhasilan penerapan manajemen kualitas total dan menghubungkannya dengan target serta tujuan yang telah disusun oleh perusahaan, sedangkan evaluasi penyusunan laporan biaya kualitas dilakukan dengan mengindentifikasi klasifikasi biaya kualitas yang disusun oleh CV. Kayu Manis serta melihat dampak penyusunan tersebut terhadap perusahaan dengan membandingkannya dengan penjualan aktual selama kurun waktu 2015-2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan sudah mampu menerapkan aspek-aspek pengendalian manajemen secara baik. Hal ini didukung ketercapaian program yang baik selama 2015-2018. Namun program peningkatan dan pengendalian kualitas ini belum memberikan dampak positif terhadap angka cacat produksi yang mengalami kenaikan cukup signifikan. Penyusunan laporan biaya kualitas di CV. Kayu Manis belum dilakukan secara tepat. Akibatnya perusahaan tidak mampu menilai secara tepat kontribusi biaya terhadap pengendalian dan peningkatan kualitas produk yang dapat berdampak langsung pada penjualan perusahaan.
The purpose of this research is to assess the adoption of quality control and to evaluate the preparation of quality cost report of CV. Kayu Manis. The total quality management is assessed by observing the accomplishment of the adoption of total quality management, which linked to the company's predetermined target and objective. On the other hand, the preparation of quality cost report is evaluated by identifying the quality cost classifications, which prepared by CV. Kayu Manis, and by observing the effect of the preparation towards the company by comparing the actual sales for the period 2015 - 2018. The results of this research indicate that the company has been able to administer the aspects of total quality management admirably, which supported by the program achievement for the period 2015 - 2018. However, improvement program and quality control have not contributed any positive effect towards the amount of defect product, which has significantly increased. Furthermore, CV. Kayu Manis has not been properly prepared the quality cost report. As the consequence, the company is not able to assess the contribution of cost over the improvement and control of product quality properly, in which affecting the company's actual sales directly.
Kata Kunci : pengendalian kualitas, biaya kualitas, biaya pencegahan, biaya penilaian, biaya kegagalan internal, biaya kegagalan eksternal, quality control, quality cost, preventive cost, appraisal cost, internal failure cost, external failure cost