Laporkan Masalah

Strategi Pengembangan Bisnis Waroeng Spesial Sambal Ditinjau Dari Etika Bisnis

ASTI RAMADHANI, Dr. Ridwan Ahmad Sukri, S. S., M. Hum

2019 | Skripsi | S1 FILSAFAT

Waroeng Spesial Sambal (SS) adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis kuliner yang mempunyai ciri khas menu sambal sebagai menu utama yang ditonjolkan. Kegiatan bisnis Waroeng Spesial Sambal telah bertahan lebih dari 10 tahun dan kini mempunyai lebih dari 100 cabang yang tersebar di wilayah Indonesia dan memiliki lebih dari 3000 karyawan. Keberhasilan Waroeng Spesial Sambal dalam mempertahankan bisnis tidak terlepas dari strategi yang dapat mengembangan bisnisnya. Penelitian ini merupakan penelitian mengenai masalah aktual yang dilakukan melalui studi pustaka dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan strategi pengembangan bisnis yang dilakukan Waroeng Spesial Sambal dan ditinjau menggunakan perspektif etika bisnis. Penelitian ini menggunakan unsur-unsur filsafat yaitu, interpretasi, koherensi intern, heuristika, dan deskripsi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa strategi pengembangan bisnis yang dilakukan oleh Waroeng Spesial Sambal sesuai dengan prinsip-prinsip etika bisnis. Strategi yang dilakukan Waroeng Spesial Sambal dalam pengembangan bisnisnya adalah memposisikan pelanggan sebagai yang paling tinggi diatas direktur, pelanggan dihormati dan dimuliakan atau diberikan rasa puas secara menyeluruh hingga membuat pelanggan merasa terkesan. Waroeng Spesial Sambal sebagai salah satu perusahaan dalam bidang kuliner mempunyaistandar moral tersendiri dalam melakukan kegiatan-kegiatan bisnisnya. Nilai-nilai luhur kemanusiaan dan keprofesionalitasan bekerja menjadi landasan dasar bagi Waroeng SS dalam upaya mengembangkan bisnisnya.

Waroeng Spesial Sambal (SS) is a company engaged in the culinary business that has characteristic sambal as the main menu that is highlighted. Waroeng Spesial Sambal's business activities have lasted more than 10 years and now have more than 100 branches spread across Indonesia and have more than 3000 employees. The success of Waroeng Spesial Sambal maintaining a business is inseparable from a good business development strategy and following moral values. This research is about a factual issue which doing by literature research and interview. This research intends to describe the business development strategy of Waroeng Spesial Sambal and reviewed by business ethics. This research using elements of philosophy research which is the interpretation, kohern intern, heuristic, and description. The results of this research indicate that the business development strategy carried out by Waroeng Spesial Sambal is following the principles of business ethics. The strategy carried out by Waroeng Spesial Sambal in developing its business is to position the customer as the highest above the director, respected and glorified customer or given a complete sense of satisfaction to make customers feel impressed. Waroeng Spesial Sambal as one of the companies in the culinary field has a moral standard in carrying out its business activities. The noble values of humanity and professionalism work are the basic foundation for Waroeng Spesial Sambal to develop their business.

Kata Kunci : Waroeng Spesial Sambal, Etika Bisnis, Prinsip-Prinsip Etika Bisnis

  1. S1-2019-382224-abstract.pdf  
  2. S1-2019-382224-bibliography.pdf  
  3. S1-2019-382224-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2019-382224-title.pdf