Laporkan Masalah

PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL (PPI) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGANCINGKAN BAJU ANAK DISABILITAS INTELEKTUAL SEDANG

DITA LESTARI, Dr. Budi Andayani, M.A., PSikolog

2019 | Tesis | MAGISTER PSIKOLOGI PROFESI

Program pembelajaran individual (PPI) merupakan rancangan pembelajaran yang dibuat berdasarkan kebutuhan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan PPI meningkatkan keterampilan mengancingkan baju pada anak dengan tunagrahita sedang. Hipotesis penelitian ini adalah keterampilan mengancingkan baju siswa meningkat setelah menggunakan pendekatan PPI dengan metode pembelajaran chaining. Subjek penelitian adalah 4 orang siswa tunagrahita sedang rentang usia antara 10-12 tahun. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen dengan desain single subject research. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif yang terdiri dari dua langkah yaitu: (1) Analisis dalam 2 kondisi (2) Analisis antar kondisi. Hasil penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik analisis data visual gambar (Visual Analysis of Grafic Data). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Program Pembelajaran Individual dengan strategi pembelajaran chaining: backward chaining, forward chaining, dan total task presentation secara efektif dapat meningkatkan keterampilan memasang kancing baju pada anak disabilitas intelektual.

Individual Learning Program is a learning design that based on student needs. This study aims to look at the ability of PPI to improving the skills of buttoning clothes for children with moderate mental retardation. The hypothesis of this study is that students' dress buttoning skills increase after using the PPI approach with the chaining method. Subject of study is 4 student with moderate mental retardation aged 9-12 years. This research is a quasi-experimental study with a single subject research design. Analysis of the data used is descriptive statistical analysis which consists of two steps, namely: (1) Analysis in 2 conditions (2) Analysis between conditions. The results of this study were analyzed using visual analysis of graphic data. Individual Learning Programs with chaining learning strategies: backward chaining, forward chaining, and total task presentations efective to improve skill of buttoning clothes for children with moderate mental retardation

Kata Kunci : Keywords: individual learning programs, chaining, buttoning clothes, moderate mental retardation.

  1. S2-2019-403902-abstract.pdf.pdf  
  2. S2-2019-403902-bibliography.pdf.pdf  
  3. S2-2019-403902-tableofcontent.pdf.pdf  
  4. S2-2019-403902-title.pdf.pdf