Laporkan Masalah

Pengaruh Dana Kapitasi dalam Meningkatkan Kualitas Layanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama di Provinsi DI Yogyakarta

INDAH SHOFIYAH, Prof. Indra Bastian, M.B.A., Ph.D.

2018 | Tesis | MAGISTER SAINS AKUNTANSI

Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh dana kapitasi dalam meningkatkan kualitas layanan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) di DI Yogyakarta. Variabel yang dipilih sebagai faktor yang memengaruhi kulitas layanan adalah insentif dan proporsi pendapatan dana kapitasi. Data dalam penelitian ini berupa laporan keuangan dan laporan kinerja tahun 2016 seluruh puskesmas yang ada di Provinsi DIY dan diperoleh dari Dinas Kesehatan tiap kabupaten dan kota. Data yang berhasil diolah sebanyak 62 laporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa insentif dan proporsi pendapatan dana kapitasi secara statistik berpengaruh terhadap peningkatan kualitas layanan, proporsi dana kapitasi secara statistik tidak memperkuat hubungan antara insentif dan kualitas layanan.

This study aims to investigate the effect of capitation in improving the service quality at primary care in Yogyakarta province. Variables in this research are incentives and the proportion of capitation. This research use financial and performance primary care reports which collected from Health Agency in Yogyakarta Province. Data was successfully processed were 62 reports. The results of this research show that incentives and the proportion of capitation statistically influence in improving service quality, on the other side proportion of capitation funds statistically does not strengthen relationship between incentives and service quality.

Kata Kunci : Capitation, Capitation Payment System, Incentives, Proportion of Capitation, Service Quality, Primary Care

  1. s2-2018-402465-abstract.pdf  
  2. S2-2018-402465-bibliography.pdf  
  3. S2-2018-402465-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2018-402465-title.pdf