Pengelolaan Program Training oleh HRD Harper Hotel Mangkubumi Yogyakarta
AINUNNISAA VIKANADA, Nuryuda Irdana, S.P., M.M
2018 | Tugas Akhir | D3 PARIWISATASeiring dengan perkembangan zaman, industri perhotelan akan ikut berkembang dengan meningkatkan pelayanan bagi wisatawan. Industri perhotelan merupakan industri yang penuh dengan persaingan. Setiap hotel berlomba-lomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada tamu. Untuk memberikan pelayanan yang maksimal, setiap karyawan harus dibekali pelatihan. Harper Hotel Mangkubumi melalui departemen Human Resources and Development melakukan program training bagi seluruh karyawan untuk meningkatkan pelayanan serta menunjang karir karyawan. Penulisan Tugas Akhir ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Jenis-jenis program training yang dikelola oleh HRD Harper Hotel Mangkubumi, (2) Bagaimana pengelolaan program training oleh HRD Harper Hotel Mangkubumi, serta (3) Kendala apa saja yang ditemui HRD Harper Hotel selama pelaksanaan dan pengelolaan program training. Topik pembahasan utama dalam Tugas Akhir ini adalah pengelolaan program training oleh HRD Harper Hotel Mangkubumi. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah dengan wawancara terhadap narasumber terkait serta observasi partisipatori selama lima bulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat lima jenis training yang dikelola oleh HRD Harper Hotel Mangkubumi. Dalam pelaksanaannya, program training di Harper Hotel Mangkubumi masih perlu meningkatkan aspek monitoring serta controlling agar didapatkan hasil yang maksimal untuk meningkatkan kualitas karyawan Harper Hotel Mangkubumi.
As the time goes by, hotel industry will always find a way to develop by gving the best service for the guest. Hotel industry itself is indeed a competitive industry where every hotel compete to give the bet service in the possibel way for the guest. To provide these services, every employee will need the right training to achieve this goal. Harper Hotel Mangkubumi provide the mandatory training from Human Resources Development for all of the employees to enhance the service and gear up the kill of the employee themselves. This final project assigment aims to comprehend: (1) kind of training programe that managed by Human Resources and Development Departement of Harper Hotel Mangkubumi, (2) How to managed training programe by Human Resources and Development Departement of Harper Hotel Mangkubumi, and (3) The obtacles on the implmentation and management of training programe. The main topic of this final project assigment is the management of the training programe by HRD Harper Hotel Mangkubumi. The data accumulation tehnique was done by interview with the staff and observation for five months in the hotel. The result of this research shows that there are five kinds of training that managed by Human Resources and Development Departement of Harper Hotel Mangkubumi. The implementation of the training programe in Harper Hotel Mangkubumi still need to improved on the monitoring and controling in order to achieve maximum result to improve the quality of the employees of Harper Hotel Mangkubumi.
Kata Kunci : Training, Pelatihan Karyawan, Harper Hotel Mangkubumi, HRD