Laporkan Masalah

Strategi Mitsubishi Pajero Sport Untuk Menjadi Market Leader Pada Pasar Kendaraan Medium SUV

ARIEF RAHMAN PRAWIRA, Harsono, Dr., M.Sc.

2018 | Tesis | S2 Manajemen

Manajemen strategi diperlukan oleh sebuah perusahaan agar dapat survive pada persaingan yang ada serta agar dapat sustain dimasa yang akan datang. Dengan strategi yang tepat maka diharapkan sebuah peusahaan dapat memenangi persaingan dengan kompetitornya. Sebuah perusahaan dapat memformulasikan manajemen strategi yang tepat salah satunya ketika mengetahui bagaimana kekuatan dan kelemahan produk atau jasa yang dijual dan bagaimana kondisi lingkungan eksternal sehingga mengetahui apa yang dapat menjadi peluang serta ancaman. Beberapa pendekatan yang dapat digunakan untuk mengetahui akan hal ini adalah Porter Five Forces, PEST, SWOT. Berdasarkan pendapat para pemiliki Pajero Sport dan Fortuner maka didapatkan kekuatan dan kelemahan dari Pajero Sport jika dibandingkan dengan pemimpin pasarnya. Kekuatan diantaranya adalah Fitur � fitur, Performa Mesin, Tingkat Keamanan dan Harga. Kelemahan diantaranya adalah Desain Eksterior dan Interior, Jaringan Dealer, Layanan Purna Jual, Pilihan Varian dan Mode Berkendara, Merek serta Iklan. Hasil analisa juga mengindikasikan bahwa peluang yang ada cukup besar diantaranya situasi politik yang mendukung pertumbuhan industri, pertumbuhan ekonomi yang terus tinggi serta penduduk kelas menengah ke atas yang akan tumbuh besar. Namun Pajero Sport juga harus bersiap menghadapi ancaman yang mungkin akan timbul dari pemimpin pasar saat ini, Fortuner. Ancaman lain juga dapat datang dari produk subtitusi yaitu kendaraan jenis MPV serta ancaman selanjutnya justru datang dari konsumen itu sendiri. Namun apabila Pajero Sport dapat memaksimalkan kekuatan yang dimilikinya untuk menangkap peluang yang ada maka Pajero Sport memiliki kemungkinan untuk dapat menjadi market leader.

Strategic management is needed by a company in order for them to survive on the competition and also to sustain in the future. A company may win the market against their competitor if they run the correct strategy. One of the key to formulate the correct strategic management is to determine the strength and weakness of their product or service and to determine the external environment in order to understand the opportunities and threat that may come. Some of the approach to determine these by looking at Porter Five Forces, PEST, and SWOT analysis. Pajero Sport may determine their strength and weakness compare to Fortuner by asking the opinion of the owner of Pajero Sport and Fortuner. And the result for strength are the features, engine performance, safety level, and price. Where the weakness are exterior and interior design, Dealer network, aftersales service, model variety, driving mode, brand and advertisement. The analysis also indicated that there are big opportunities for Pajero Sport such as the political situation very supportive toward manufacturing industry, the economic growth prediction that keep high for several years to come and also the number of upper middle class will getting bigger. But Pajero Sport must aware of the threat that my come such as from the current market leader which is Fortuner. Another threat also may come from the substitute product where in this case is MPV products. Threat also may come from the customer itself. At last, if Pajero Sport can maximize their strength to grasp the opportunities, Pajero Sport has the chance to be market leader

Kata Kunci : Strategic Management, Porter Five Forces, PEST, SWOT, Market Leader, Buying Decision.

  1. s2-2018-360600-abstract.pdf  
  2. s2-2018-360600-bibliography.pdf  
  3. s2-2018-360600-tableofcontent.pdf  
  4. s2-2018-360600-title.pdf