Laporkan Masalah

PENGARUH KEPEMIMPINAN YANG MEMBERDAYAKAN PADA KOMITMEN AFEKTIF DENGAN PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS SEBAGAI PEMEDIASI: Studi pada Customer Care Group, Mandiri Contact Center Yogyakarta

EVA SARI TAMBUNAN, T. Hani Handoko, Dr., M.B.A.

2017 | Skripsi | S1 MANAJEMEN

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemimpinan yang memberdayakan pada komitmen afektif dengan pemberdayaan psikologis sebagai pemediasi pada karyawan Customer Care Group, Mandiri Contact Center Yogyakarta. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan data primer cross sectional. Data dikumpulkan dari 83 karyawan yang berada di Customer Care Group, Mandiri Contact Center Yogyakarta. Secara spesifik, penelitian ini dirancang untuk menguji hipotesis apakah kepemimpinan yang memberdayakan berpengaruh langsung pada komitmen afektif, dan apakah pemberdayaan psikologis memediasi hubungan pengaruh kepemimpinan yang memberdayakan pada komitmen afektif. Hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier. Penelitian ini menunjukkan bahwa secara langsung, kepemimpinan yang memberdayakan berpengaruh positif dan signifikan pada komitmen afektif. Selain itu, pemberdayaan psikologis memediasi secara penuh pengaruh kepemimpinan yang memberdayakan pada komitmen afektif.

This study aims to examine and analyze the effect of empowering leadership on affective commitment with psychological empowerment as the mediator among on employees Customer Care Group, Mandiri Contact Center Yogyakarta. This study is a quantitative research using primary cross-sectional data. Data were collected from 83 employees on Customer Care Group, Mandiri Contact Center Yogyakarta. More specifically, this study was designed to test hypotheses whether empowering leadership have direct effect on affective commitment and whether psychological empowerment mediated the effect of empowering leadership on affective commitment. The hypotheses were tested using linear regression analysis. This study show that empowering leadership directly have a positive and significant effect on affective commitment. Moreover, psychological empowerment fully mediated the effect empowering leadership on affective commitment.

Kata Kunci : kepemimpinan yang memberdayakan, pemberdayaan psikologis, komitmen afektif

  1. S1-2017-346447-abstract.pdf  
  2. S1-2017-346447-bibliography.pdf  
  3. S1-2017-346447-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2017-346447-title.pdf