Laporkan Masalah

APAKAH AUDIT TEKNOLOGI INFORMASI DAPAT MEMUASKAN EKSPEKTASI PENGGUNA INTERNAL? (STUDI PADA UNIVERSITAS TERBUKA (UT) INDONESIA)

DIANA PUTRI, Dr. Sumiyana., M.Si., Ak., CA

2017 | Tesis | S2 Akuntansi

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis harapan pengguna internal Universitas Terbuka terhadap penerapan audit teknologi informasi dan kesenjangan harapan terhadap kinerja audit TI. Penelitian ini menggunakan domain pengetahuan yang terdapat pada COSO dan COBIT sebagai benchmark penelitian. Domain tersebut meliputi tata kelola TI dan manajemen TI. Aktivitas terkait domain tersebut di antaranya ialah kesesuaian strategi (strategi TI dan strategi organisasi) pencapaian nilai dari sistem TI, manajemen risiko TI, manajemen sumber daya, pengukuran kinerja, pengembangan TI, perubahan manajemen, operasi dan perbaikan, perbaikan bencana alam dan keberlangsungan bisnis, IT Outsourcing, dan keamanan TI. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya harapan pengguna internal terkait akan penerapan standar audit untuk teknologi informasi, pengembangan sistem data terintegrasi yang akan mengurangi risiko kecurangan, sumber daya manusia yang ahli pada bidangnya terutama untuk pengembang sistem, dan kekonsistenan kebijakan pada saat adanya perubahan manajemen di Universitas Terbuka. Secara keseluruhan sistem teknologi informasi di UT dapat memuaskan pengguna internal. Namun demikian, masih terdapat ruang untuk perbaikan dan hal ini menandakan adanya gap antara harapan dan kinerja sesungguhnya di UT.

This study aims to identify and analyze the expectations of internal users of Indonesia's Open University towards the implementation of information technology audit and the expectation gap towards an IT audit performance. This study uses the domains contained in COSO and COBIT as research benchmarks. These domains include IT governance and IT management. Activities in those domain are Strategic Alignment, Value Delivery, IT Risk Management, Resource Management, Performance Measurement, IT Development, Change Management, Operation and Maintenance, Disaster Recovery and Business Continuity, IT Outsourcing, and IT Security. The results of this study indicate that there is an expectation from internal users towards the implementation of audit standards for information technology, development of an integrated data system that will reduce the risk of fraud, availability of expert human resources especially in the field of system development, and consistency of policy in case of a management change at the Open University (UT). Overall, the information technology systems at UT can satisfy internal users. But there is still has room for improvements, and this indicates a gap between expectations and the real performance in UT.

Kata Kunci : tata kelola TI, manajemen TI, audit TI

  1. S2-2017-391615-abstract.pdf  
  2. S2-2017-391615-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-391615-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-391615-title.pdf