Laporkan Masalah

PROSES DESAIN DAN STRATEGI BERPIKIR KREATIF PADA VIDEO MAPPING 3 KARYA RAPHAEL DONNY TAHUN 2015-2016 (L'OBSCURA, RESDEPT, DAN JOGJAKARTA VIDEO MAPPING PROJECT)

ERNY ANGGRAENI, Prof. M. Dwi Marianto, M.F.A., Ph.D.; Dr. Suastiwi Triatmodjo, M.Des.

2017 | Tesis | S2 Pengkajian Seni Pertunjukan dan Seni Rupa

Video mapping merupakan salah satu karya seni media baru yang menggunakan bantuan teknologi dalam pembuatannya, yaitu menggunakan teknik proyeksi video terbaru yang digunakan untuk mengubah hampir semua permukaan menjadi tampilan video yang dinamis. Tujuan dari video mapping adalah untuk menciptakan ilusi optik dengan menggabungkan unsur audio visual. Raphael Donny adalah motion designer atau seniman visual berasal dari kota Yogyakarta. Berawal dari profesinya sebagai Visual Jockey, Donny bereksperimen dengan menggunakan sebuah proyektor untuk memproyeksikan gambar bergerak pada sebuah bidang. Hal ini membawa Donny menjadi seorang seniman video mapping. Raphael Donny mempunyai tiga proyek video mapping yang berbeda, yaitu: (1) karya personal dengan nama L'Obscura, (2) karya Resdept yaitu karya atas permintaan klien, dan (3) Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP) yang dipertunjukan pada Festival Kesenian Yogyakarta (FKY). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memahami proses desain dan strategi berpikir kreatif pada 3 proyek karya video mapping Donny yang berbeda. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pesan yang disampaikan Donny pada konten video mapping. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan rasionalistik yang dikaitkan dengan beberapa teori desain. Teori yang digunakan yaitu teori dari Robin Landa (2014) yang membagi proses desain menjadi 5 fase, yaitu orientasi, analisis, konsepsi, desain, implementasi dan teori dari Mary Stewart (2012) mengenai strategi berpikir kreatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat proses desain dan strategi yang berbeda pada 3 proyek video mapping Donny yang berbeda pula. Hal yang sama terjadi juga pada strategi berpikir kreatif Donny. Konten video mapping karya Donny cenderung lebih kepada kritik sosial yang telah dimetaforkan secara visual. Pesan moral dalam konten video mapping yang disampaikan Raphael Donny dapat menjadi sebuah media pembelajaran dan kritik yang membangun.

Video mapping is one of the new media art that uses the technology supports in creation, using the latest video projection techniques used to transform almost any surface into a dynamic video display. The purpose of video mapping is to create an optical illusion with a visual audio element. Raphael Donny is a motion designer or visual artist from Yogyakarta. Starting from his profession as a 'Visual Jockey', Donny experimented with using a projector to project moving images on a surface. That way, Donny become a video mapping artist. Raphael Donny has three different video mapping projects: (1) L'Obscura, personal works, (2) Resdept by client's request, and (3) Jogjakarta Video Mapping Project (JVMP) shown at Festival Kesenian Yogyakarta (FKY). This research is intended to know and understand the design process and creative thinking strategy in 3 different video mapping project of Donny. This research is also required to know the message that Donny submitted to the video mapping content. Qualitative research method was used from the rasionalistic approach using several design theory. The theory used is the theory of Robin Landa (2014) which divides the design process into 5 phases, orientation, analysis, conception, design, implementation and theory from Mary Stewart (2012) on creative thinking strategy. This study aims to indicate the existence of different processes and strategies on 3 different Donny's video mapping project. The same is true for Donny's creative thinking strategy. Donny's video mapping content is more of a social critique that has been visually imprinted. The moral message in Raphael Donny's video mapping content can be a learning medium and constructive criticism.

Kata Kunci : video mapping, design process, creative thinking, Raphael Donny, motion graphic

  1. S2-2017-390499-abstract.pdf  
  2. S2-2017-390499-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-390499-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-390499-title.pdf