Laporkan Masalah

Pengetahuan, Sikap, dan Praktik Pariwisata Berkelanjutan Pengelola Hotel di Kota Batam

BARBIE LYANI SANDRA, Prof. Dr-Phil. Janianton Damanik, M.Si; Prof. Dr. Ir. Chafid Fandeli, MS

2017 | Tesis | S2 Kajian Pariwisata

Munculnya banyak permasalahan lingkungan akibat adanya pembangunan pariwisata menandakan bahwa prinsip pembangunan pariwisata berkelanjutan belum berjalan sebagaimana mestinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengkaji (1) Tingkat pengetahuan pengelola hotel tentang prinsip pariwisata berkelanjutan, (2) Sikap pengelola hotel terhadap prinsip pariwisata berkelanjutan, serta (3) Praktik pariwisata berkelanjutan pengelola hotel di Kota Batam. Penelitian ini menggunakan metode survei dengan kuesioner tertutup yang disusun berdasarkan indikator pembangunan pariwisata berkelanjutan dari UNWTO. Sampel diperoleh dari pengelola hotel bintang dan non bintang, berjumlah 138 hotel yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dianalisis dengan metode analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji korelasi, perbedaan, dan konsistensi. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian menunjukkan pengetahuan pengelola hotel tentang prinsip pariwisata berkelanjutan masuk pada kategori tinggi, sikap sangat positif, serta praktik pariwisata berkelanjutan yang aktif. Ketiga variabel yaitu pengetahuan, sikap dan praktik memiliki hubungan positif dan signifikan. Semakin tinggi pengetahuan maka semakin positif sikap terhadap pariwisata berkelanjutan, dan semakin positif sikap pengelola hotel terhadap pariwisata berkelanjutan maka semakin aktif praktik pariwisata berkelanjutan yang dilakukan. Terdapat perbedaan sikap pengelola hotel terhadap prinsip pariwisata berkelanjutan berdasarkan kategori dan lama beroperasi hotel, serta terjadi inkonsistensi praktik pariwisata berkelanjutan pengelola hotel di Kota Batam terutama pada kategori hotel non bintang.

The emergence of many environmental problems due to tourism development, indicate that the principles of sustainable tourism has not run as expected. This study aims to measuring and analyze (1) The knowledge level of hotel management concerning to sustainable tourism principles, (2) The attitude of hotel management toward the principles of sustainable tourism, and (3) Sustainable tourism practices performed by hotel management in Batam. This study used survey method with closed questionnaire compiled from UNWTO Sustainable Tourism Development Indicators. Samples were obtained from star and non star hotel management, totaling 138 hotels which were specified using purposive sampling technique. Data analyzed by descriptive and inferential statistical method with correlation, differences, and consistency test. Data processing using SPSS software. The results show that the knowledge of hotel management about the principles of sustainable tourism is categorized as high, highly positive attitude, and active sustainable tourism practices. These three variables, knowledge, attitude and practice have a positive and significant relationship. The higher knowledge will induce more positive attitude towards sustainable tourism, and more positive attitude will be followed by active sustainable tourism practices. The hotel management have different attitude towards sustainable tourism principles based on hotel category and hotel operational period. Also, inconsistencies of sustainable tourism practices occur, particularly in non star hotel category.

Kata Kunci : Pariwisata berkelanjutan, pengetahuan, sikap, praktik, manajemen hotel/Sustainable tourism, knowledge, attitude, practice, hotel management

  1. S2-2017-389652-abstract.pdf  
  2. S2-2017-389652-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-389652-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-389652-title.pdf