Laporkan Masalah

MEKANISME SEWA TEMPAT REKLAME PT ANGKASA PURA I (PERSERO) CABANG BANDAR UDARA INTERNASIONAL ADISUTJIPTO YOGYAKARTA

ZAHRA SAHDA UTAMI, Paramita Her Astuti, SE., M.Sc.

2017 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

PT Angkasa Pura I (Persero) merupakan pelopor pengusahaan kebandarudaraan di Indonesia yang mengelola 13 bandara di kawasan tengah hingga timur. Salah satu bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (Persero) yaitu Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Sebagai pengelola bandara, PT Angkasa Pura I (Persero) tidak hanya bekerjasama dengan mitra usaha yang berhubungan dengan kegiatan penerbangan saja tetapi juga kegiatan yang menunjang bandara. Salah satunya yaitu kegiatan usaha reklame. Mitra usaha yang ingin menyewa lahan atau titik tertentu di lingkungan bandara sebagai tempat memasangang iklan harus melewati proses seleksi yang dilakukan oleh PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Oleh karena itu, tugas akhir ini bertujuan untuk mendiskripsikan mekanisme sewa tempat reklame di PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Adisucipto Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Narasumber penelitian merupakan salah satu staf pada bagian property and advertising sales yang mengurus bagian sewa tempat reklame di Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Sedangkan Dokumentasi yang dilakukan dalam penulisan ini adalah mengambil data dengan cara mendokumentasikan dan memahami catatan yang terdapat di PT Angkas Pura I (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto, dan lingkup Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian, mekanisme sewa tempat reklame yang terdapat di PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta terdapat empat tahapan yaitu proses dengan klien, proses perizinan, proses produksi, dan proses pemasangan atau lapangan. Para calon mitra usaha sebagai peserta seleksi harus memenuhi syarat yang telah ditentukan dan melaksanakan seleksi dengan baik hingga ditetapkan pemenang. Calon mitra usaha yang ditunjuk sebagai pemenang harus melaksanakan kewajiban yang tertuang pada perjanjian sewa hingga masa berakhirnya sewa-menyewa.

PT Angkasa Pura I (Persero) is a pioneer of airport concessions in Indonesia, which manages 13 airports in the central region to the east. One of the airports managed by PT Angkasa Pura I (Persero), namely Yogyakarta Adisucipto International Airport. As an airport operator PT Angkasa Pura I (Persero) not only in cooperation with business partners related to aviation activities but also activities that support the airport. One of the activities is Advertisement Business. Business partners who want to rent land or in a specific point around the airport as a place of advertisements must pass through a selection process conducted by PT Angkasa Pura I (Persero) Branch Adisucipto International Airport in Yogyakarta. Therefore, this thesis aims to describe the mechanism of advertisement lease in the PT Angkasa Pura I (Persero) Branch Adisucipto International Airport in Yogyakarta. This research is a qualitative descriptive study by method of collecting data through interviews and documentation. The research sources is one of the staff at the property and advertising sales that takes care of the rent billboards in Yogyakarta Adisucipto International Airport. While the documentation is done in this paper is to capture data by documenting and understanding the records contained in the PT Angkas Pura I (Persero), PT Angkasa Pura I (Persero) Branch Adisucipto International Airport, and the scope of Adisucipto International Airport in Yogyakarta. Based on this research, the mechanism of advertisement lease in PT Angkasa Pura I (Persero) Branch Yogyakarta Adisucipto International Airport, there are four stages, namely the process with clients, the licensing process, the production process, and the installation process or field. Prospective business partners as participants in the selection must be eligible to be set and carry out a good selection with up to set out a winner. Prospective business partners designated as the winner must carry out the obligations contained in the lease agreement until the expiration of the lease.

Kata Kunci : Kata kunci: Sewa tempat reklame, Mekanisme sewa, Iklan, Reklame, PT Angkasa Pura I (Persero), Bandar Udara Internasional Adisutjipto Yogyakarta.

  1. D3-2017-370034-abstract.pdf  
  2. D3-2017-370034-bibliography.pdf  
  3. D3-2017-370034-tableofcontent.pdf  
  4. D3-2017-370034-title.pdf