Pengaruh Pemanfaatan Media Sosial Instagram terhadap Motivasi Berkunjung ke Agrowisata Kebun Begonia Lembang Jawa Barat

Penulis

Tira Hardaning

Pembimbing: Subejo, S.P., M.Sc., Ph.D ; Dyah Woro Untari, S.P., M.P ; Ir.Harsoyo, M.Ext.Ed


ABSTRACT: The research was conducted at Begonia Garden in Lembang sub district West Bandung district with purposes: 1) Determine the level of accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden. 2) Determine the factors that related to accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden. 3) Determine the relation between accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden to increase the motivation of visitors to visit Begonia Garden Lembang. Descriptive approach by survey method was used in this research. The sampling method used accidental sampling, while the sampling of visitors was chosen purposively. The number of total sample was 50 visitors. The analysis methods used were proportion test, chi-square method, and gamma. The research results showed that the level of accessibility of visitors to Instagram photos or videos at Begonia Garden was categorized in high level. The factors that related to the level of accessibility of visitors to Instagram photos and videos were duration of Instagram use and length of Instagram use. Social media use had strong positive relation to motivate visitors to visit Begonia Garden. The accessibility of visitors to Instagram photos or videos from their friend photos at Begonia Garden was higher than from official Instagram which has been managed by Begonia Garden.

INTISARI: Penelitian ini dilakukan di Kebun Begonia Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan tujuan untuk: 1) mengetahui tinggi rendahnya aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram di Kebun Begonia. 2) mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram di Kebun Begonia. 3) mengetahui hubungan antara aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram di Kebun Begonia terhadap peningkatan motivasi pengunjung untuk mengunjungi ke Kebun Begonia Lembang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik survei. Penentuan sampel menggunakan accidental sampling sedangkan pengambilan sampel responden dilakukan secara purposif. Total responden berjumlah 50 pengunjung. Metode analisis yang digunakan adalah uji proporsi, metode chi-square dan metode gamma. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram Kebun Begonia tergolong tinggi. Faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram Kebun Begonia adalah durasi penggunaan Instagram dan lama penggunaan Instagram dengan hubungan positif kuat. Pemanfaatan media sosial Instagram memiliki hubungan positif kuat terhadap motivasi berkunjung ke Kebun Begonia, sehingga semakin tinggi aksesibilitas media sosial Instagram maka semakin tinggi motivasi untuk berkunjung ke Kebun Begonia. Aksesibilitas pengunjung terhadap foto/video Instagram lebih banyak dari teman yang mengunggah foto Kebun Begonia, bukan melalui akun Instagram yang dikelola Kebun Begonia

Kata kunci Kata Kunci: Pengaruh, media sosial, instagram, motivasi, agrowisata, Begonia/ Keyword: Influence, social media, motivation, agro tourism, Begonia
Program Studi S1 PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN UGM
No Inventaris
Deskripsi
Bahasa Indonesia
Jenis Skripsi
Penerbit [Yogyakarta] : Universitas Gadjah Mada, 2015
Lokasi Perpustakaan Pusat UGM
File Tulisan Lengkap dapat Dibaca di Ruang Tesis/Disertasi
  • Anda dapat mengecek ketersediaan versi cetak dari penelitian ini melalui petugas kami dengan mencatat nomor inventaris di atas (apabila ada)
  • Ketentuan Layanan:
    1. Pemustaka diperkenankan mengkopi cover, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pusatak
    2. Tidak diperbolehkan mengkopi Bab Tinjauan Pustaka, Bab Pembahasan dan Lampiran (data perusahaan/ lembaga tempat penelitian)
    3. Mengisi surat pernyataan, menyertakakan FC kartu identitas yang berlaku

<< kembali