Laporkan Masalah

COFFEE BY REQUEST (Studi Gaya Hidup Komunitas Barista and Koffie Lovers (BKVR) Yogyakarta)

BAYUNDARU HP, Dr. Suzie Handajani, M.A.

2016 | Skripsi | S1 ANTROPOLOGI BUDAYA

Kecintaan pada kopi telah melahirkan komunitas penggiat kopi dikalangan penikmat kopi di Yogyakarta. Komunitas yang bernama Barista and Koffie Lovers (BKVR) ini terdiri dari para pemilik warung kopi dan barista diYogyakarta. Kehadiran internet menjadi awal dari perkembangan komunitas ini, informasi seputar dunia kopi yang tersedia dapat mudah diakses dengan perangkat yang memiliki jaringan internet. Melalui sosial media, mereka menggugah keinginan para penggemar kopi untuk ikut mengapresiasi kopi dan bergabung dengan komunitas ini. Sebaran informasi yang tersedia di internet itu telah menggerakkan roda perkembangan gaya hidup pada taraf produsen. Hal ini dapat dilihat dalam kegiatan ngopi saat ini yang menjadi perhatian adalah tentang bagaimana kopi itu diolah, disajikan dan diminum. Proses itu telah menjadi gaya hidup tersendiri dan khas komunitas ini. Proses panjang yang mereka lakukan itulah perilaku yang akan diikuti dan ditelisik lebih jauh. Menempatkan mereka layaknya seorang seniman, akan memperlihatkan dengan jelas bahwa komunitas ini adalah creator gaya hidup baru di arena kenikmatan kopi. Gaya hidup komunitas ini, telah meningkatkan kualitas dan kuantitas jenis kopi yang dapat dikonsumsi oleh penggemar kopi. Dengan memperhatikan proses panjangnya hingga secangkir kopi terhidang, telah memunculkan hasrat dibenak penggiat untuk meracik kopi disetiap tahapan prosesnya, yang akan bermuara pada percarian pengalaman rasa. Semakin banyak warung kopi yang muncul dengan gaya seperti ini, akan menelurkan peluang kerja baru bagi penggemar kopi,sekaligus menjadi sarana penularan gaya hidup.

The passion for coffee has spawned a community of coffee lovers inYogyakarta. This community, called Barista and Koffie Lovers (BKVR), consists of coffee shop owners and baristas in Yogyakarta.This community emerged with the help from digital media where information about coffee can be easily accessedby any device that has internet connection. Through social media, coffee lovers come to appreciate coffee and join this community. Distribution of information available on the internet develops a lifestyle at the level of producers.This can be seen in the way BKVR members create rituals concerning how coffee is processed, brewed, and served. The processes have become a distinctive lifestyle of this community. It is these rituals and lifestyle which become the object of this research. These baritas and coffee shop owners are like artist. They create a new lifestyle in the way coffee as a beverage is made and served. This community has improved the quality and quantity of coffee drinking. By keeping in mind the long process until a cup of coffee is ready to be served, these coffee lovers pay attention toevery stage of the coffee making process, which leads to the search for a unique experience of taste. More and more coffee shop come with this kind of style. This creates new job opportunities for coffee lovers which also influences the lifestyle among them.

Kata Kunci : Kopi, Komunitas, Gaya Hidup, Internet.

  1. S1-2016-335201-abstract.pdf  
  2. S1-2016-335201-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-335201-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-335201-title.pdf