Laporkan Masalah

Strategi Bisnis Penerbit Pustaka Pelajar

SUSANTO EDI YUNIARTO, Ertambang Nahartyo, D.R.,.Sc.,CMA., A.k,CA.,

2017 | Tesis | S2 Manajemen

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategyPenerbit Pustaka Pelajar dan memformulasikan strategi yang baru agar sesuai dengan perkembangan lingkungan eksternalnya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Data-data yang diperlukan diperoleh melalui wawancara semi terstruktur, kajian dokumen, studi pustaka, pengamatan. Validitas data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan triangulasi. Trianggulasi dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Perumusan strategi dimaksudkan agar strategi bisnis yang digunakan sesuai dengan dinamika lingkungan eksternal. Untuk itu dilakukan pemindaian terhadap lingkungan eksternal dengan analisis PESTEL, struktur industri dengan analisis Five Forces, lanskap perusahaan yang memiliki kedekatan strategi dengan analisis Strategic Group Mapping, pesaing dengan Competitor Analysis. Pemindaian lingkungan eksternal ini memberikan gambaran peluang dan ancaman yang dihadapi Pustaka Pelajar. Lingkungan internal perusahaan penerbitan Pustaka Pelajar dapat diketahui dengan melakukan pemindaian internal melalui analisis Sumber Daya dan Kapabilitas, analisis Rantai Nilai dan Competitive Strength Assessment. Analisis internal ini memberikan gambaran mengenai kekuatan dan kelemahan Pstaka pelajar. Ancaman, peluang, kekuatan dan kelemahan tersebut kemudian dijajar dalam matriks SWOT untuk mendapatkan alternatif strategi. Strategi yang disarankan untuk diterapkan oleh Pustaka Pelajar adalah related diversification. Startegi ini memungkinkan Pustaka pelajar untuk memberdayakan resource-nya secara silang dengan Penerbit. Selain itu, dalam hal percetakan pustaka pelajar telah berpengalaman dan tahu seluk beluk percetakan atau menguasai know how percetakan. Agar competitive adavantage dalam industri percetakan, Pustaka Pelajar perlu meregenerasi mesin-mesin cetaknya dengan yang baru.

This study aim is aimed to identify the Pustaka Pelajar Publisher strategy and formulate a new strategy to suit the development of its external environment. This research is a qualitative research. The required data are obtained through semi-structured interviews, document review, literature study, observation. Validity of this research data is done by using triangulation of sources and methods. Strategy formulation is in order to suit the applied business strategy be in accordance with the dynamics of the external environment. To do that, it is done by scanning the external environment with PESTEL analysis, industry structure with Five Forces analysis, group of company having strategic closeness with Strategic Group Mapping analysis, competitors with Competitor Analysis. This external environment scanning gives an overview of the opportunities and threats faced by the Student Literature. The internal environment of the publishing company Pustaka Pelajar can be detected by performing internal scanning through Resource and Capability analysis, Value Chain analysis and Competitive Strength Assessment. This internal analysis provides an overview of the strengths and weaknesses of Pustaka Pelajar. Threats, opportunities, strengths and weaknesses are then lined up in the SWOT matrix to find alternative strategies. The suggested strategy to be implemented by the Pustaka Pelajar is related diversification. This strategy enables the Pustaka Pelajar to empower its resources in a cross with Publisher. In addition, in terms of printing Pustaka Pelajar has been experienced and know details of printing value chain or master the know-how. In order to be competitive advantage in the printing industry, Pustaka Pelajar needs to regenerate its printing machines with new ones.

Kata Kunci : Kata kunci: penerbit, strategi, kualitatif, lingkungan eskternal, lingkungan internal, SWOT, related diversification, competitive advantage

  1. S2-2017-358272-abstract.pdf  
  2. S2-2017-358272-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-358272-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-358272-title.pdf