Laporkan Masalah

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KUALITAS PROSES PEMBELAJARAN DAN PROSES PEMBIMBINGAN TESIS DENGAN KEINGINAN UNTUK MEREKOMENDASIKAN PROGRAM STUDI S2 TEKNIK ELEKTRO UGM

R. ANUGRAHANTO B.W, Prof. Ir. Achmad Djunaedi, MUP., Ph.D; I Wayan Nuka Lantara, SE., M.Si., Ph.D.

2017 | Tesis | S2 MANAJEMEN PENDIDIKAN TINGGI

Getok Tular (Word of Mouth) adalah strategi yang sangat efektif dalam menjaring peminat mahasiswa baru di suatu perguruan tinggi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana faktor proses pembelajaran dan pembimbingan tesis berhubungan terhadap keinginan lulusan program studi S2 Teknik Elektro untuk merekomendasikan kepada orang lain untuk melanjutkan studi di bidang Teknik Elektro dan Teknologi Informasi. Data yang terdokumentasi pada program studi sejak tahun 2013 hingga 2015 secara umum menunjukkan indikasi bahwa lulusan memberikan penilaian yang baik terhadap proses pembelajaran dan pembimbingan tesis, hal tersebut ditunjukkan dari rerata perhitungan yang menunjukkan angka lebih besar dari 3,00 (dari skala 1 sampai dengan 5). Guna memperkuat deskripsi mengenai eksplorasi terhadap hasil evaluasi yang masuk kepada pengelola program studi, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan uji beda t sampel bebas dan one way anova terhadap profil responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran memiliki hubungan positif terhadap keinginan untuk merekomendasikan program studi kepada orang lain (r kuadrat=32,7 persen, sig=0,000), sementara untuk proses pembimbingan tesis tidak menunjukkan hubungan yang signifikan (r kuadrat=0,98 persen, sig=0,075). Dampak lebih lanjut dari hasil penelitian ini adalah bahwa pengelola program studi didorong untuk mulai mencermati berbagai hal yang kemungkinan memiliki pengaruh terhadap keinginan alumni untuk melakukan proses getok tular di luar faktor proses pembelajaran. Hal tersebut nampak dari hasil uji korelasi proses pembelajaran terhadap keinginan merekomendasikan program studi, meskipun hasilnya signifikan tetapi bobotnya hanya 32,7 persen. Artinya masih ada 67,3 persen faktor lain yang mendorong lulusan untuk bersedia melakukan proses getok tular kepada pihak-pihak yang berkepentingan.

Getok Tular (Word of Mouth) was an effective strategy in encompassing new student applicants at a college. This research aimed to find out the extent of which factors of learning process and thesis guidance towards the eagerness of graduates of postgraduate study program of Electrical Engineering to recommend to others to have advanced study in Electrical Engineering and Information Technology. The data that was documented in the study program since 2013 up to 2015 generally showed the indication that the graduates gave good assessment to the learning process and thesis guidance. It was seen from the mean calculation showing score bigger than 3.00 (from scale 1-5). In order to intensify the description on exploring the evaluation results that came to the study program administrator, this research was done using the independent sample t-test and one way ANOVA towards respondents profile. The research results showed that the learning process had positive influence on the eagerness to recommend the study program to other people (r square=32.7 percent, sig=0.000). Meanwhile, the process of thesis guidance did not show the significant correlation (r square=0.98 percent, sig=0.075). Further impact of this research results was that the study program administrator was encouraged to start looking at things that had possibility to influence the alumnis eagerness in conducting words of mouth outside factor of learning process. It was seen from the results of correlation test on the learning process towards the eagerness of recommending the study program. Although the results were significant, the weight was only 32.7 percent. It meant that there were 67.3 percent of other factors which encouraged the graduates to be willing to conduct words of mouth to the parties concerned.

Kata Kunci : Getok tular (word of mouth), proses pembelajaran, uji beda t sampel bebas, one way ANOVA.

  1. S2-2017-340128-abstract.pdf  
  2. S2-2017-340128-bibliography.pdf  
  3. S2-2017-340128-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2017-340128-title.pdf