Strategi bersaing Koyo Bond PT Lemindo ABadi Jaya
MAIZUHARDI, Eka, Prof.Dr. Sukanto Reksohadiprodjo, M.Com
2003 | Tesis | Magister ManajemenPenelitian atas strategi bersaing yang digunakan oleh Koyo Bond dimaksudkan untuk menganalisis strategi bersaing yang digunakan oleh Koyo Bond dihubungkan dengan kondisi pasar saat ini. Strategi bersaing ini dianalisis untuk mengetahui apakah strategi bersaing ini masih layak digunakan dalam situasi pasar dan kondisi ekonomi yang tidak menentu seperti sekarang ini. Jika sudah tidak sesuai, penelitian ini akan merumuskan strategi bersaing baru yang sebaiknya digunakan. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisis kekuatan dan kelemahan perusahaan melalui analisis situasi lingkungan internal perusahaan dengan menggunakan metode “Value Chain†berdasarkan data-data sekunder dan data-data primer yang diberikan oleh perusahaan. Selain itu dilakukan juga analisis terhadap ancaman dan kesempatan yang mungkin dihadapi dan diperoleh perusahaan melalui analisis terhadap lingkungan eksternal perusahaan. Ana lisis ini dilakukan berdasarkan data-data sekunder yang diperoleh dari berbagai sumber. Hasil penelitian pada tesis ini menunjukkan bahwa strategi differensiasi yang dilakukan oleh Koyo Bond sangat mengutamakan mutu dan mengabaikan harga jual. Untuk itu, sesuai dengan kondisi pasar saat ini, Koyo Bond harus melakukan strategi differensiasi dengan lebih konsekuen. Koyo Bond harus menerapkan strategi differensiasi secara lengkap dengan mengutamakan mutu, harga jual, ketersedian barang, pelayanan purna jual dan memperhatikan faktorfaktor krusial yang harus dilakukan jika menerapkan strategi differensiasi.
Research on Koyo Bond’s competitive strategy means to analyse the Koyo Bond’s competitive strategy in correlating with an actual market condition. Koyo Bond‘s competitive strategy has been analysed to have an illustration that is the Koyo Bond’s competitive strategy still have capability and suitability according to unfortunately market and economic condition that happened. In case of miss match applied the strategy, this research will formulate a new competitive strategy that more applicable to adopted. The Research’s method that used here is analysing the strengths and weaknesses of the company by analysing the company’s internal situation and condition with value chain method. The value chain method did based on the secondary data and primary data that given by company. In the other side, the analysis also on the opportunity and threat that probably will be taken by the company. This analysis has on the company’s external situation and condition and based on the secondary data that had by the others sources. The result of this research shown that Koyo Bond’s competitive strategy was very concern only to the quality but disregard the selling price. Koyo Bond had to run the differentiation strategy in more consequently and completely. Koyo Bond had to focused on not only quality but also focused on selling price, delivery, after sales service and the crucial factor that they had to do to run the differentiation strategy.
Kata Kunci : Strategi Bersaing, Koyo Bond’s competitive strategy, SWOT analysis, differentiation strategy in more consequently