STRATEGI DEPARTEMEN SALES & MARKETING DALAM MEMBANGUN CITRA MEREK MELALUI PROGRAM MARKETING PUBLIC RELATION STUDI KASUS: WISMA MMUGM SRIPSI Oleh: Otentik Harefa 12/331888/SA/16461 PROGRAM STUDI PARIWISATA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS GADJAH MADA 2016 SALES & MARKETING DEPARTMENT STRATEGY IN BUILDING BRAND IMAGE THROUGH MARKETING PUBLIC RELATION PROGRAM CASE STUDY: WISMA MMUGM UNDERGRADUATE THESIS By: Otentik Harefa 12/331888/SA/16461 PROGRAM STUDI PARIWISATA FAKULTAS ILMU BUDAYA UNIVERSITAS GADJAH MADA 2016
OTENTIK HAREFA, Fahmi Prihantoro, S.S. S.H. M.A.; Widyarini Wirjono, S.E. M.M
2016 | Skripsi | S1 PARIWISATAINTISARI Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui strategi apa yang diterapakan oleh departemen Sales & Marketing dalam membangun citra merek Wisma MMUGM melalui program Marketing Public Relation. Hasil dari penelitian ini setelah dianalisis dapat diketahui bahwa dalam membangun serta mengkomunikasikan citra merek Wisma MMUGM harus melalui pendekatan program Marketing Public Relation. Alasannya adalah program Marketing Public Relation tersebut yang akan menyampaikan citra merek kepada target pasar dan masyarakat luas. Melalui citra merek yang baik yang telah dibentuk oleh departemen sales & marketing Wisma MMUGM dapat mendorong pemasaran produk, komunikasi yang baik terhadap target pasar dan masyarakat luas serta dapat menjadi strategi untuk meningkatkan jumlah kunjungan tamu. Jenis penelitian yang yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Cara mengumpulkan data dalam penelitian ini, yaitu dengan observasi langsung ke lokasi, penyebaran kuisioner, wawancara dengan Manajer dan staf departemen Sales & Marketing dan pengunjung, serta dokumentasi.
ABSTRACT This research aims to find out the strategies implemented by the Sales & Marketing department in building the brand image Wisma MMUGM through Marketing Public Relation program. The result of this research after analysis is Wisma MMUGM has to go through Marketing Public Relation program in building and communicating a brand image. The reason is the Marketing Public Relation program will convey a brand image to the target market and the wider community. Through a good brand image formed by Sales & Marketing department, Wisma MMUGM will be able to boost the product marketing, to build a good communication with the target market and the wider community, and can also be a strategy to increase the number of guests. The type of research used in this research is a qualitative method by using descriptive research. The methods to collect data in this study are by direct observation to the location, questionnaires, interviews with Manager and staffs of Sales & Marketing department and guests, and documentation.
Kata Kunci : Keywords: Sales & Marketing, marketing public relations, brand image