Laporkan Masalah

EVALUASI STRATEGI PENDISTRIBUSIAN PERALATAN PENDUKUNG CLOUD COMPUTING PADA PT. SYNNEX METRODATA INDONESIA

SAMUEL SEMIBIRING PELAWI, Harsono, Dr., M.Sc.

2016 | Tesis | S2 Manajemen

PT. Synnex Metrodata Indonesia (SMI) merupakan salah satu perusahaan distribusi peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Indonesia. Fokus SMI adalah pada distribusi peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bergerak di bidang consumer maupun commercial enterprise. Pada awal berdirinya, SMI bernama PT. Metrodata E Bisnis pada tahun 2000, kemudian berubah menjadi PT. Synnex Metrodata Indonesia sejak PT. Metrodata Electronics, Tbk melakukan joint venture antara PT. Metrodata E Bisnis dengan King’s Eye Investment Ltd., British Virgin Island, salah satu anak perusahaan Synnex Technology International Corp. yang dibentuk pada 26 September 2011. Synnex adalah perusahaan terbuka yang sahamnya tercatat di bursa Taiwan dan merupakan salah satu leading global player di bidang distribusi TIK yang memiliki reputasi internasional yang baik. Perkembangan industri TIK di Indonesia semakin berkembang tahun demi tahun, dibuktikan dengan meningkatnya jumlah pesaing pada industri ini. Seiring dengan kondisi tersebut, kompetisi dalam bisnis ini pun semakin ketat, sehingga perusahaan dituntut untuk lebih unggul dari pesaing agar dapat meraih posisi pertama pada pasar tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi strategi bersaing SMI, khususnya dalam pendistribusian brand Fortinet selaku salah satu peralatan pendukung solusi cloud computing. Penulis melakukan penelitian dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif yang didukung oleh data kuantitatif. Evaluasi strategi bersaing perusahaan dimulai dengan melakukan analisis five forces untuk menganalisa industri, lalu melakukan analisis mengunakan model Politik, Ekonomi, Sosial, dan Teknologi (PEST) untuk menganalisa lingkungan makro perusahaan, lalu melakukan analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan dan brand Fortinet dengan mengunakan model Matriks IFE dan EFE (IE) untuk menganalisa kekuatan dan kelemahan perusahaan. Hasil penelitian ini bahwa PT. Synnex Metrodata Indonesia direkomendasikan untuk melakukan penetrasi pasar dan pengembangan produk maupun solusi.

PT. Synnex Metrodata Indonesia (SMI) is a distribution company of Information and Communication Technology equipment in Indonesia. SMI focuses on the distribution of equipment Information and Communication Technology (ICT), which engages in consumer and commercial enterprise. At its inception, the SMI was named PT. Metrodata E Bisnis in 2000, then changed to PT. Synnex Metrodata Indonesia from PT. Metrodata Electronics, Tbk as a joint venture between PT. Metrodata E Bisnis and King's Eye Investment Ltd., British Virgin Island, one subsidiary of Synnex Technology International Corp. which was formed on 26 September 2011. Synnex is a public company shares are listed on Taiwan Stock Exchange and one of the leading global players in the field of ICT distribution which has a good international reputation. The development of ICT industry in Indonesia is growing year after year, evidenced by the growing number of competitors in this industry. Along with these conditions, competition in this business is even more stringent, so the company is required to be superior to competitors in order to grab the first position in the market. This study aimed to evaluate the competitive strategy of SMI, particularly in the distribution of Fortinet brand as one of the supporting equipment for cloud computing solutions. The author conducted research using a qualitative approach supported by quantitative data. Evaluation of competitive strategy of companies started by analyzing five forces for analyzing the industry, and then perform analysis using models of the Political, Economic, Social, and Technological (PEST) to analyze the macro environment of the company, and then perform analysis of internal and external environment company and brand Fortinet by using models IFE and EFE matrix (IE) to analyze the strengths and weaknesses of the company. From the result of this study, PT. Synnex Metrodata Indonesia will be recommended to penetrate the market and to develop the product as well as to find solution.

Kata Kunci : Analisis Five Forces, Analisis PEST, Analisis Internal Eksternal, Strategi Bersaing

  1. S2-2016-341899-abstract.pdf  
  2. S2-2016-341899-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-341899-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-341899-title.pdf