Laporkan Masalah

ANALISIS PENENTUAN LOKASI STRATEGIS (STUDI KASUS SHOWROOM FURNITUR DI KABUPATEN JEPARA)

MUHAMMAD MURTIZA SHIDQI, Dr. Abdur Rofi', S.Si., M.Si.

2016 | Skripsi | S1 GEOGRAFI DAN ILMU LINGKUNGAN

Kabupaten Jepara terkenal dengan industri furnitur. Berbagai macam furnitur dengan motif ukiran bisa ditemukan di Jepara. Furnitur Jepara memiliki akses pasar yang sangat luas. Tingginya permintaan pasar memberikan pengaruh positif terhadap persaingan pasar. Salah satu cara untuk memperoleh pasar adalah dengan memiliki showroom, namun diperlukan analisis mendalam untuk menentukan lokasi showroom yang optimal. Tujuan dari penelitian adalah untuk (1) Mengetahui karakteristik pemilik showroom furnitur. (2) Mengetahui lokasi strategis penempatan showroom furnitur di Kabupaten Jepara. (3) Mengetahui berbagai macam faktor yang mempengaruhi penempatan lokasi showroom strategis dan (4) Mengetahui pengaruh lokasi showroom terhadap besarnya tingkat pendapatan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, metode ini merupakan metode utama dalam memperoleh data. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis karakteristik pemilik showroom dan lokasi showroom menurut presepsi responden. Analisis faktor digunakan untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh dalam penentuan lokasi showroom. Analisis korelasi digunakan untuk mengetahui hubungan antara lokasi showroom dengan tingkat pendapatan. Hasil penelitian menunjukkan terdapat tiga faktor kuat yang mempengaruhi penentuan lokasi yaitu faktor perizinan, keamanan, dan faktor tempat. Lokasi representatif yang bisa ditentukan sebagai lokasi showroom strategis berada di Kecamatan Tahunan, memiliki aksesibilitas tinggi berada di sepanjang ruas jalan raya utama dan memiliki karaktristik berdekatan dengan pesaing. Lokasi sampel memiliki pengaruh yang sangat kecil terhadap besar pendapatan, ini artinya distribusi besar kecilnya pendapatan pemilik showroom hampir merata di semua sampel yang terdapat di dalam radius 12 Km dari pusat kota.

Jepara Regency is famous for furniture industry. A wide variety of furniture with carved motifs can be found in Jepara. Jepara furniture has a very broad market access. The high market demand provides positive effect on market competition. One of the ways to obtain the market is to have a showroom, but in-depth analysis is required to determine the optimal location of the showroom. The purposes of the research are (1) Determining the characteristics of the furniture showroom's owner. (2) Determining the strategic location of the placement of furniture showroom in Jepara Regency. (3) Determining the various factors that influence the strategic placement of showroom locations and (4) Determining the influence showroom location on the income level. The method used in this research is quantitative method, this method is the primary method of obtaining data. Descriptive analysis is used to analyze the characteristics of the showroom owners and showroom locations by respondents perception. Factor analysis is used to determine the most influential factor in determining the showroom locations. Correlation analysis is used to determine the relationship between the showroom locations and the income level. The results showed that there are three strong factors affecting the location determination are licensing factor, security, and place factor. The representative location that can be determined as a strategic showroom locations located in the Tahunan district, has a high accessibility are located along the main roadway and the characteristics adjacent to competitors. Samples Location has very little effect on the income, this means that the size distribution of income showroom owners almost evenly in all samples contained within a radius of 12 Km from the city.

Kata Kunci : Lokasi Strategis, Showroom Furnitur, Jepara

  1. S1-2016-285501-abstract.pdf  
  2. S1-2016-285501-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-285501-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-285501-title.pdf