Analisis Kelayakan Usaha Dengan Metode SWOT(Strength, Weaknesses, Oppoerunity, Threats) di Sanggar Tani Media Agro Merapi Yogyakarta
VIKI ARDIYANTO, Ir.Suharno,M.Eng.,M.Eng.Sc
2016 | Tugas Akhir | D3 AGROINDUSTRI SVSanggar Tani Media Agro Merapi merupakan salah satu usaha yang bergerak dalam bidang budidaya jamur. Produk tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Proses budidaya yang tidak terlalu rumit dengan masa panen yang cepat serta banyaknya konsumen yang gemar mengonsumsi produk berbahan baku jamur. Hal ini membuat perusahaan layak untuk dikembangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan usaha yang digunakan oleh perusahaan dalam mengidentifikasi kelebihan, kekurangan, peluang serta ancaman yang ada di perusahaan baik dari segi internal perusahaan (kekuatan-kelemahan) maupun dari ekternal perusahaan (peluang-ancaman). Penelitian ini disusun menggunakan metode wawancara. Kekuatan yang dimiliki oleh S.T Media Agro Merapi lebih banyak dibandingkan dengan kelemahanya serta masih banyaknya peluang untuk jamur tiram dengan jumlah permintaan perbulan mencapai 6000 kg hanya dapat terpenuhi sebesar 2000 kg sehingga masih memiliki peluang sebesar 4000 kg, sedangkan untuk jamur Ling Zhe kering memiliki jumlag permintaan 750 kg hanya dapat tercukupi 155 kg,sehingga masih memiliki peluang 595 kg. The Ling Zhe memiliki permintaan 135 box perbulan hanya dapat tercukupi 100 box perbulan sehigga masih memilki peluang 35 box perbulan. Jamur kuping segar dengan jumlah permintaan sebesar 960 kg perbulan hanya dapat tercukupi 568 kg perbulan sehingga peluang yang masih memilki peluang sebesar 392 kg perbulan. Jamur kuping kering memiliki jumlah permintaan 680 kg perbulan hanya dapat tercukupi sebesar 340 kg perbulan sehingga masih terdapat peluang 340 kg pebulan. Perusahaan masih memiliki banyak peluang untuk memnuhi permintaan konsumen. Hal yang harus dilakukan perusahaan adalah terus meningkatkan produksi skala besar dan melakukan inovasi produk untuk memenuhi permintaan konsumen yang semakin meningkat.
Sanggar Merapi Agro Farm is a business that is engaged in cultivation mushrooms. The product has good benefits to health. The cultivation process is not too complicated and fast harvest. The number of consumers who love to eat poduk made from mushrooms. This makes the company deserves to be developed. This study aims to determine the feasibility of which is used by companies to identify strengths, weaknesses, opportunities and threats that exist in the company in terms of both internal (strengths-weaknesses) as well as from external companies (opportunities-threats). This research is compiled using interviews. The strength of which is owned by ST Media Agro Merapi is more than the weaknesses and there are many opportunities for oyster mushrooms with the number of demand per month reached 6000 kg can only be fulfilled by 2000 kg so it still has a chance of 4000 kg, while for mushroom Ling Zhe dry has demand around750 kg can be fulfilled only 155 kg, so it still has a chance of 595 kg. The Ling Zhe have the demand for 135 boxes per month can only be fulfilled 100 per month sehigga box still has an opportunity 35 box per month. Fresh mushroom with total demand amounting to 960 kg per month can be fulfilled only 568 kg per month so that they have the opportunity of 392 kg per month. Dried mushroom has a number of requests 680 kg per month can only be fulfilled by 340 kg per month so there is still a chance pebulan 340 kg. The company still has plenty of opportunities to fulfill consumer demand. The thing to do is continue to improve the company's large-scale production and product innovation to meet increasing consumer demand.
Kata Kunci : kelayakan usaha, Analisa SWOT, S.T Media Agro Merapi