Laporkan Masalah

ANALISIS SWOT PRODUK MIKRO PADA BANK MANDIRI KCP TASIKMALAYA-INDIHIANG

ARIA YUDHA DILAGA, Paramitha Her Astuti, SE., M.Sc.

2016 | Tugas Akhir | D3 MANAJEMEN SV

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari produk mikro pada Bank Mandiri KCP Tasikmalaya-Indihiang. Bank Mandiri bukan satu-satunya bank di Indonesia yang memiliki produk mikro, sehingga Bank Mandiri perlu mengetahui kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari produk mikro nya agar mampu bersaing. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode wawancara. Narasumber dalam pengambilan data adalah Kepala Cabang Bank Mandiri KCP Tasikmalaya-Indihiang, Mikro Kredit Sales dan Nasabah. Berdasarkan hasil penelitian, kekuatan dari produk mikro Bank Mandiri KCP Tasikmalaya-Indihiang adalah adanya cash pick up service, kualitas layanan, teamwork lingkungan kerja, dan adanya monitoring kantor pusat. Kelemahannya yaitu kapabilitas pegawai, mapping area, adanya duplikasi produk dan sanksi tegas belum dilaksanakan. Peluangnya yaitu adanya program perbaikan kualitas kredit, penggunaan sms blast, aplikasi system IT, adanya KUR dari pemerintah dan perkembangan UMKM yang pesat di Tasikmalaya. Ancamannya adalah terjadinya fraud, penyelewengan kredit oleh nasabah dan banyaknya LSM.

This research was conducted to know the strengths, weaknesses, opportunities and threats of micro products at Bank Mandiri KCP-Indihiang Tasikmalaya. Bank Mandiri is not the only bank in Indonesia which has a micro products, so that the bank will need to know the strengths, weaknesses, opportunities and threats of its micro products in order to compete. In this research the authors used the interview method. The informant in data collection is Branch Manager of Bank Mandiri KCP-Indihiang Tasikmalaya, Micro Kredit Sales and Customer. Based on the research results, the strength of the micro product Bank Mandiri KCP Tasikmalaya-Indihiang is their cash pick up service, quality of service, teamwork work environment, and monitoring their headquarters. The weaknesses is the capability of personnel, mapping area, the duplication of products and strict sanctions have not been implemented. The opportunities are that their program improvement in loan quality, the use sms blast, IT system applications, the KUR of government and rapid development of SMEs in Tasikmalaya. The threat is fraud, credit fraud by customers and many Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Kata Kunci : Analysis SWOT, STP, Marketing Mix

  1. D3-2016-338262-abstract.pdf  
  2. D3-2016-338262-bibliography.pdf  
  3. D3-2016-338262-title.pdf