Laporkan Masalah

ANALISIS SEGMENTASI PASAR WISATAWAN DAN IMPLIKASINYA PADA STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA KAWASAN DIENG PLATEAU

YUNAN YANUAR PRAKASA, Ir.M.Santosa.MS

2016 | Tesis | S2 Teknik Arsitektur

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmen Wisatawan yang berkunjung dan hubungan antar kelompok segmen tersebut yang selanjutnya digunakan untuk mendapatkan strategi dan implementasi terhadap pengembangan wisata kawasan Dieng Plateau. Aspek yang diteliti dalam penelitian ini meliputi (1) Aspek karakteristik Wisatawan Nusantara dan Wisatawan Mancanegara, (2) Aspek Demand Wisatawan, (3) Aspek target pasar Wisatawan (4) Aspek Produk Wisata Dieng, (5) Aspek filsafat Arsitektur tradisional Jawa, dan (6) Aspek kondisi Eksisting tata bangunan dan keruangan kawasan Dieng Plateau. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini mengunakan Purposive sampling yang berdasarkan pada sifat tertentu dari sebuah populasi yang telah diketahui sebelumnya. Pengumpulan Data primer dilakukan dengan cara observasi, pembagian kuesioner kepada Wisatawan dan melakukan wawancara mendalam terhadap Masyarakat sekitar, pemangku kebijakan dan Tour operator. Sedangkan untuk pengumpulan data sekunder dilakukan dengan cara menggali data terkait melalui buku, dokumen ataupun arsip laporan, dan datadata terkait lainnya. Data yang dikumpulkan tersebut meliputi: (1) Identitas Responden Wisatawan, (2) Motivasi dan persepsi Wisatawan (3) Kondisi fisik Atraksi wisata yang ada, (4) Unsur budaya Masyarakat Dieng (5) Tata ruang dan bangunan kawasan Dieng Plateau dan sekitarnya, (6) Sejarah Arsitektur kawasan, dan (7) Data kebijakan kawasan. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Berdasarkan karakteristik Wisatawan dapat dikelompokkan sebagai berikut: Segmen Geografi, Segmen Demografi, Segmen Psikografi dan Segmen Perilaku Wisatawan, (2) Secara umum terdapat hubungan yang signifikan antara karakteristik tersebut terhadap karakteristik perilaku Wisatawan. Selanjutnya berdasarkan analisis korelasi tersebut, didapatkan strategi dan implementasi yaitu: (1) Strategi pengembangan atraksi yaitu dengan pembuatan pusat aktifitas wisata baru di Kawasan unggulan wisata Kabupaten Wonosobo yang dibagi menjadi 3 zonasi sebagai berikut: (a) Zone 1 sebagai Pusat pengembangan wisata utama (2) Zone 2 sebagai Pendukung aktifitas, dan (c) Zone 3 dikembangkan sebagai Landmark/tetenger yang berfungsi untuk memperkuat karakter kawasan. (2) Strategi pengembangan Fasilitas dan akses kawasan, dan (3) Strategi promosi kawasan.

The research use to recognized the Tourists segments and relationship between, then to find the strategic and implementation of tourism development at Dieng Plateau Area. The research based in many several aspects: (1) Characteristic of domestic and foreign Tourists, (2) Tourist demand, (3) Tourists target market, (4) Dieng�s tourism products, (5) Traditional Javanese Architecture philosophy, and (6) Spatial condition of Dieng Plateau area. The research using purposive sampling, based on characteristics of a population who previously known. The primary data is obtained by observation, Travelers questionnaires and in-depth interviews at Local Communities, Governments, and Tour operators. The secondary data are obtained by relate books, documents and other relevant data. The necessary data include: (1) Identity of Respondents, (2) Travelers Motivation and perception (3) The physical condition of tourism attractions, (4) Cultural elements of Dieng Society, (5) Spatial and building condition of Dieng Plateau, (6) Architectural history, and (7) Regional data policy. The outcome of the research shown: (1) Travelers segments grouped as follows: Geographical Segments, Demographic Segments, Psychographic Segment and Behavior Segment, (2) There are significant relationship between behavioral Segment toward characteristics Segment. Furthermore, based on those correlation analysis, the strategies and implementation result mentioned: (1) Attractions development strategy: by create a tourism activities centre which divided into 3 zones (a) Zone 1 as a Center of main tourist attractions (2) Zone 2 as Tourism activities support, and (c) Zone 3 as Landmark to increase area character of Dieng Plateau. (2) Access and facilities development strategy, and (3) Tourism promotion strategy. Keywords:

Kata Kunci : Analisis Segmentasi Wisatawan, Strategi Pengembangan, Zonasi kawasan wisata, Dieng plateau.

  1. S2-2016-326461-abstract.pdf  
  2. S2-2016-326461-bibliography.pdf  
  3. S2-2016-326461-tableofcontent.pdf  
  4. S2-2016-326461-title.pdf