PENGKAJIAN KONTRAK MEDIA ORDER UNTUK OPTIMALISASI PERFORMANCE MEDIA CETAK (MAJALAH) DAN CLIENT (PEMASANG IKLAN)
KARINA EKATRI BUDI UTAMI, Prof.Dr.Nindyo Pramono,S.H.,M.S.
2016 | Tesis | S2 HukumPenulis ingin mengkaji lebih mendalam tentang perjanjian pemasangan iklan di media cetak khususnya di 2 (dua) majalah yaitu Majalah Bella Donna The Wedding dan Majalah Mahligai. Pemilihan Majalah Bella Donna The Wedding dan Majalah Mahligai sebagai tempat penelitian adalah untuk mengetahui hubungan hukum yang terjadi antara pihak pemasang iklan dengan pihak media cetak, berkaitan dengan segmentasi pasar yang dipilih oleh Majalah Bella Donna The Wedding dan Majalah Mahligai yang beragam. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian kepustakaan ini yaitu dengan mempelajari Media Order yang tidak sesuai dengan perjanjian awal dimana merugikan salah satu pihak ataupun keduanya. Sehingga diperlukan sebuah draft Media Order yang valid meliputi beberapa kriteria yang selama ini belum ada. Hasil dari penelitian ini adalah diperlukannya sebuah media order yang valid sesuai dengan Undang-Undang Perdata sehingga dapat diaplikasikan oleh perusahaan media cetak dan tidak merugikan antar kedua belah pihak. Oleh karena itu, dengan adanya media order yang telah diperbaharui ini dan hasil penelitian menyarankan agar perusahaan media cetak, pemasang iklan maupun biro iklan sehinga sama-sama mengerti hak-hak, kewajiban-kewajiban dan tanggung jawabnya masing-masing sesuai dengan KUHPerdata.
The authors wanted to examine more in depth about the agreement in the print media advertising, especially in the two (2) magazines namely Bella Donna The Wedding Magazine and Magazine Mahligai. Selection Magazine Bella Donna The Wedding Magazine Mahligai as a place of research is to determine the legal relationship that occurs between the advertisers with the print media, with regard to market segmentation selected by Bella Donna The Wedding Magazine and Magazine Mahligai diverse. The data collection tool used in the study of this literature by studying Media Order that is not in accordance with the initial agreement which harm either party or both. So, we need a draft Order valid media includes several criteria that had not been there. Results from this study is the need for a media order is valid in accordance with the Civil Law that can be applied by the company and do not harm the print media between the two sides. Therefore, the presence of media orders that have been refurbished and the results of the study suggest that print media companies, advertisers and advertising agencies so that both understand the rights, obligations and responsibilities of each in accordance with the Civil Code.
Kata Kunci : Media Order, media cetak, client, tanggung jawab