Laporkan Masalah

MANAJEMEN KECEPATAN LALU LINTAS JALAN (STUDI KASUS: JALAN RAYA MAGELANG KM 13-14)

YAN ISNUR AJI, Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D.

2016 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPIL

Bersamaan dengan berlangsungnya periode perkembangan dan pertumbuhan Indonesia pada berbagai bidang, transportasi menjadi salah satu kebutuhan penting masyarakat. Meningkatnya kebutuhan transportasi harus disertai dengan manajemen yang baik untuk menjaga aspek kelancaran dan keselamatan lalu lintas. Melihat adanya hubungan antara kecepatan kendaraan dan tingkat kecelakaan lalu lintas, penelitian ini menyajikan usulan manajemen kecepatan lalu lintas jalan berupa pembatasan kecepatan kendaraan untuk mengatasi permasalahan keselamatan lalu lintas. Data primer yang dikumpulkan antara lain kecepatan kendaraan yang didapat menggunakan speed gun, penempatan dan ukuran rambu batas kecepatan, kondisi geometrik dan lingkungan jalan. Untuk data sekunder yang dikumpulkan antara lain data pertumbuhan kendaraan dan data kecelakaan lalu lintas jalan. Analisis mengenai kecepatan kendaraan akan menentukan variabel batas kecepatan dan panjang peralihan pada usulan manajemen kecepatan lalu lintas berupa pembatasan kecepatan kendaraan. Analisis data menunjukan adanya pelanggaran batas kecepatan kendaraan dan faktor kecepatan merupakan salah satu faktor terbesar tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Rambu batas kecepatan sebagai bentuk manajemen kecepatan belum sesuai dengan peraturan. Usulan perbaikan manajemen kecepatan lalu lintas berupa pembatasan kecepatan kendaraan terdiri dari 3 jenis kegiatan yaitu Education, Engineering dan Enforcement. Education berupa sosialisasi kepada masyarakat, Dinas Perhubungan dan kepolisian. Engineering berupa penerapan zona selamat sekolah dan penggunaan teknologi variable messages sign dan speed camera. Enforcement berupa penegakan aturan pembatasan kecepatan dengan pemberian denda/pinalti.

Lately, the development of Indonesia is increasing in various sectors, transportation becomes one of the essential needs of the community. Increasing of transportation must be accompanied by good management to maintain continuity and safety of traffic. According to the relationship between vehicle speed and traffic accidents, this research presents a proposal of the speed management of road traffic by vehicle speed limitation to overcome the problems of traffic safety. The primary data collected include vehicle speed obtained using a speed gun, placement and size of speed limit signs, geometric and environmental conditions of the road. The secondary data collected include growth of vehicle data and road traffic accident data. Analysis of vehicle speed will determine the variable of speed limits and the transition distance of the change speed limit. This variables will determine the proposal of speed management by vehicle speed limitation. Analysis of the data showed a violation of the speed limit. The vehicle speed factor is the dominant factor of traffic accidents and signs of speed limitation is not comply the regulations. The proposed improvements of speed management by vehicle speed limitation consists of 3 types of activities. This activities are Education, Engineering and Enforcement. Education activities is using socialization to the public, the Department of Transportation and the police. Engineering activities is application school speed zones, variable messages signs and speed camera. Enforcement activities is forcing the people to obey by the speed limitation by giving fines or penalties.

Kata Kunci : Kecepatan, Zona Selamat Sekolah, Variable Messages Sign, Speed Camera

  1. S1-2016-319301-abstract.pdf  
  2. S1-2016-319301-bibliography.pdf  
  3. S1-2016-319301-tableofcontent.pdf  
  4. S1-2016-319301-title.pdf