PENGARUH MOTIVASI ALDERFER ERG (EXISTENCE, RELATEDNESS, GROWTH) DAN KEPEMIMPINAN YANG MEMBERDAYAKAN TERHADAP LOYALITAS KARYAWAN GEN Y; STUDI PADA PT NI KANTOR PUSAT JAKARTA
MUHAMMAD YUSUF AFFANDI, Ely Susanto, SIP., MBA., Ph.D
2015 | Tesis | S2 ManajemenSaat ini perusahaan menghadapi tantangan dalam mengelola dan menjaga loyalitas karyawan, terutama dengan keberadaan Gen Y. Padahal loyalitas karyawan merupakan faktor penting dalam menghadapi ketatnya persaingan bisnis dan mencapai target perusahaan. Dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui pengaruh motivasi Alderfer ERG, yang meliputi kebutuhan gaji, kebutuhan benefit, kebutuhan berafiliasi dengan atasan dan rekan kerja, kebutuhan untuk berkembang serta kepemimpinan yang memberdayakan terhadap loyalitas karyawan Gen Y. Responden dalam penelitian ini adalah karyawan PT NI dengan masa kerja minimal 1 tahun dan masuk kategori Gen Y (tahun kelahiran 1980-2000) yang bekerja pada kantor pusat, Jakarta. Teknik probability sampling digunakan untuk menentukan responden guna mengisi kuesioner. Dari 158 kuesioner yang disebarkan diperoleh response rate sebesar 72,78% yang selanjutnya digunakan untuk analisis. Hasil analisis regresi linier diperoleh nilai R^2 sebesar 33,3%, yang berarti bahwa kebutuhan gaji, benefit, berafiliasi dengan atasan dan rekan kerja, kebutuhan untuk berkembang dan kepemimpinan yang memberdayakan memberikan pengaruh terhadap loyalitas sebesar 33,3% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang diamati. Hal ini didukung dengan nilai F sebesar 8,971 (p < 0,001), hal ini menunjukkan pengaruh simultan kebutuhan gaji, benefit, berafiliasi dengan atasan dan rekan kerja, kebutuhan untuk berkembang dan kepemimpinan yang memberdayakan terhadap loyalitas karyawan. Berdasarkan hasil analisis, kebutuhan gaji β=0,195 (p < 0,01), kebutuhan benefit β=0,222 (p < 0,001), dan kebutuhan untuk berkembang β=0,172 (p < 0,05) berpengaruh positif terhadap loyalitas karyawan dan mendukung hipotesis. Sedangkan hipotesis terkait kebutuhan berafiliasi dengan atasan, kebutuhan berafiliasi dengan rekan kerja, serta kepemimpinan yang memberdayakan tidak terdukung. Untuk meningkatkan loyalitas karyawan Gen Y, PT NI dapat menambah frekuensi dalam melakukan survei gaji dan benefit, memberikan edukasi mengenai penghargaan yang menyeluruh, melakukan survei 360 terhadap karyawan Gen Y terutama yang menjabat sebagai manajer lini serta terus melakukan edukasi mengenai perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai kepemimpinan perusahaan.
Nowadays, the company facing challenges to manage and retain employee loyalty, especially for Gen Y. Loyalty is one of important factors winning the tight competition and achieve business target. This study conducted to investigate the impact of ERG Motivation theory, consist of existence needs-pay, existence needs-fringe benefit, relatedness needs-superior, relatedness needs-peers, and growth needs, and also empowering leadership towards employee loyalty. This study employed a probability sampling, with respondents are employee of PT NI with minimum 1 year of service, working at head office Jakarta and belongs to Gen Y (born on 1980-2000). 158 questionnaires was sent with 72,78% response rate and the collected data was used for the analysis. The analysis of linear regression showed R^2 33,3%, in which existence needs-pay, existence needs-fringe benefit, relatedness needs-superior, relatedness needs-peers, and growth, and also empowering leadership has 33,3% impact towards employee loyalty, and the rest impact was influenced by other variable outside the variable on this study. This also proven by F-values for this model 8,971 (p < 0,001). It means that all variables on this study simultaneously impacted to employee loyalty. Based on the analysis, existence needs-pay β=0,195 (p < 0,01), existence needs-fringe benefit β=0,222 (p < 0,001), and growth needs β=0,172 (p < 0,05) has positive impact towards employee loyalty and supporting to the hypothesis. Meanwhile, hypothesis related to relatedness needs-superior, relatedness needs-peers and empowering leadership was not supported. To strengthen employee loyalty of Gen Y, company can have more frequencies on salary and benefit survey, educate the employee on total reward, conduct 360 degree evaluation for Gen Y, especially for line manager and continue educate employee on leadership framework as the basis of expected behavior.
Kata Kunci : Motivasi ERG Alderfer, Kepemimpinan yang memberdayakan, loyalitas karyawan