ANALISIS KINERJA TERMINAL 3 PELABUHAN TANJUNG PRIOK
RAIHAN PASHA ISHEKA, Prof. Ir. Nur Yuwono, Dip. HE., Ph.D.
2016 | Skripsi | S1 TEKNIK SIPILArus barang di PelabuhanTanjung Priok terus meningkat sejak tahun 2010 hingga 2014. Untuk itu diperlukan analisis untuk meningkatkan kinerja terminal atau dermaga dalam melayani arus kapal dan barang untuk menentukan ruang dan peralatan dari Terminal 3 Pelabuhan Tanjung Priok di masa depan. Penelitian ini menggunakan proyeksi regresi model power untuk mengetahui prediksi arus kapal dan barang. Prediksi ini dilakukan dengan menggunakan data arus kapal dan barang pada tahun 2011 hingga 2014. Hasil proyeksi tersebut selanjutnya digunakan untuk mengetahui kondisi Terminal 3 sehingga dapat menilai kinerja operasional Terminal 3. Hasil penelitian menunjukkan bahwa arus kapal mengalami penurunan setiap tahunnya pada tahun 2030 mencapai 878 unit dan arus peti kemas mengalami peningkatan setiap tahunnya pada tahun 2030 mencapai 9.485.904 ton. Nilai BOR sesuai dengan standar yang disarankan UNCTAD yaitu masih berada dibawah 70% pada tahun 2030 diproyeksikan nilai BOR hanya mencapai 26,21% begitu pula dengan Kepdirjen menunjukkan nilai BOR proyeksi hingga tahun 2030 dikategorikan baik. Sedangkan untuk nilai YOR sesuai dengan Keputusan Dirjen menunjukkan pada tahun 2015 mencapai 65,81% dan tahun 2030 mencapai 77,36% dikategorikan kurang baik karena melebihi batas yang telah ditetapkan dalam Kepdirjen. Akan tetapi perbaikan dengan mempercepat waktu dwelling time menjadi 4 hari lapangan penumpukan dapat memadai sampai 2030 sesuai dengan Kepdirjen. Produktifitas kinerja peralatan bongkar muat peti kemas menunjukkan hasil 24,3 box/jam untuk Container Crane, 23,2 box/jam untuk RTG dan 10,7 box.jam untuk Head Truck
Goods traffic in Tanjung Priok Port continues to increase since 2010 untill 2014. to increase terminal perfomance in serve of ships and goods traffic to determine space and equipment of Terminal 3 Tanjung Priok Port in the future. This research was using power regression projection method to determine the traffic of ships and goods. This prediction took data from 2011 to 2014. The result of this prediction will be used to know the condition in Terminal 3 Tanjung Priok Port in order to assess the operational perfomance of Terminal 3. Based on the analysis, Ships traffic in terminal 3 is predicted to decrease each year and in 2030 it will reach 878 unit. Otherwise, container traffic will increase each year and in 2030 it�s predicted to reach 9.485.904 ton. According to standard of UNCTAD and Kepdirjen, the percentage of BOR in 2030 is still good, 34,1%, which is under 70%. However, the value of in 2030 YOR is 70,37% which is less good. To fix the value of YOR so it will suit the standart of Kepdirjen is accelerating the dwelling time from 5 days to 4 days. Productivity of loading and unloading equipment show results 24,3 box/hour for Container Crane, 23,2 box/hour for RTG and 10,7 box/hour for Head Truck
Kata Kunci : Terminal 3, produktivitas, proyeksi, BOR, YOR