PERKEMBANGAN USAHA BATIK DI KOTA PEKALONGAN DARI TAHUN 1950-AN HINGGA DEKADE PERTAMA ABAD KE-21
CHUSNUL HAYATI, DRA., M.S., Prof. Dr. Djoko Suryo; Dr. Sri Margana, M.Phil
2016 | Disertasi | S3 SejarahUsaha batik di Kota Pekalongan dari tahun 1950 hingga dekade pertama abad ke-21, menarik untuk diteliti karena dapat bertahan secara terus-menerus sebagai kegiatan ekonomi utama, sehingga menjadikan batik sebagai komoditas unggulan Pemerintah Kota Pekalongan. Perhatian utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana dan mengapa usaha batik di Kota Pekalongan dapat terus bertahan sebagai kegiatan ekonomi penting masyarakat dari tahun 1950 hingga dekade pertama abad ke-21, ketika usaha sejenis di tempat lain mengalami kemunduran. Kondisi yang fluktuatif berakibat pada usaha batik yang mencakup bidang industri dan perdagangan batik. Penelitian ini didasarkan pada asumsi bahwa usaha batik sangat dipengaruhi oleh perubahanperubahan kebijakan pemerintah, perubahan perubahan internal, dan perubahan ekonomi global. Penelitian ini menggunakan metode sejarah untuk mengumpulkan sumber-sumber sejarah, melakukan seleksi sumber dan interpretasi sumber sejarah. Pendekatan ekonomi digunakan untuk menyusun penulisan sejarah analitis. Sumber primer yang dipakai adalah arsip, terbitan pemerintah, surat kabar, dan sumber lisan yang berasal dari berbagai unsur masyarakat di Kota Pekalongan sebagai informan. Penelitian ini menemukan bahwa pada tahun 1950, masyarakat Kota Pekalongan mewarisi usaha batik yang telah berkembang selama satu abad. Usaha batik telah menghasilkan kerajinan yang bermutu tinggi serta menguasai jaringan perdagangan di dalam dan luar negeri. Perkembangan usaha batik sejak tahun 1950 hingga dekade pertama abad ke-21 dapat dibagi dalam tiga periode besar. Pertama, periode pribuminisasi usaha batik dari tahun 1950 hingga 1970 yang ditandai dengan menguatnya ekonomi pengusaha pribumi dan munculnya orang kaya baru di kalangan pengusaha batik. Kedua, periode tahun 1970 hingga 1980 yang ditandai dengan munculnya batik sutera dan produk konveksi batik di tengah kemerosotan usaha batik sebagai akibat dari maraknya produk tekstil printing motif batik dan keterpurukan usaha batik tradisional. Ketiga, periode proses menuju pada menguatnya usaha batik tahun 1980 hingga dekade pertama abad ke-21 yang ditandai dengan menguatnya sentimenbudaya batik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa daya tahan usaha batik di Kota Pekalongan dipengaruhi oleh kebijakan ekonomi pemerintah yang kondusif bagi perkembangan usaha batik, kreativitas dan inovasi untuk mengembangkan usaha batik, faktor sosio kultural masyarakat, berlangsungnya proses regenerasi yang efektif, usaha batik dapat dijadikan sebagai sumber mata pencaharian, dan batik telah menjadi way of life masyarakat.
The development of batik business in Pekalongan from 1950s to the first decade of the 21st century is interesting to be studied since this business survived the walk of time as main economic activity when batik business in other regions collapsed. The main focus of this study is to analyze the reason behind the survival of batik business in Pekalongan that could sustained as important economic activity of the people from 1950s to the first decade of the 21st century, even in oscillate condition. This study is based on the assumption that batik business were very much influenced by the changes in governments policies, internal changes, and global economic development. This study uses historical method to gather, select and interpret historical sources. Economic approach was used to draft analytical historical writing. Primary sources used were archives, government periodicals, newspapers and oral history from various societys elements in Pekalongan. This study found that development of batik business in Pekalonganin 1950s to the first decade of the 21st century possess endurance to the fluctuate conditions. This endurance was made possible by two main factors: First, the conducive government economic policies that tend to protect the economy of the native people. Second, the possession of the socio-cultural behaviors by the people that triggered them to be productive to survive their batik business in time of crisis. These socio-cultural factors were among others creativity, innovative, and adaptive behaviors of the people; the role of families as transformation media and regeneration of the technical skills and business skills; and critical and dynamic behavior against the changes that caused crisis. The development of batik business in 1950s to the first decade of the 21st century can be divided into three big periods: First, the period of nativitization of batik business in 1950s to1970s, signified by the strengthening of the economy of native entrepreneurs. Second, the period of 1970s to 1980s that was signified by the fall of batik business as a result of the enforcement of liberal economic policy and the growing of textile products with batik motifs. Third, the period of mid 1980s to the first decade of the 21st century that saw the strengthening of the sentiments of batik cultures that influenced the development of batik as economic assets. This study sums up that batik business in Pekalongan in 1950s to the first decade of the 21stcentury has fluctuate characteristics, possess resilience to changes in times of crisis, and able to give contribution to the economy of the people.
Kata Kunci : usaha, batik, ekonomi, Pekalongan