Laporkan Masalah

Resepsi Dalam Kampanye Digital (Analisis Resepsi Mahasiswa UGM dalam Kampanye Digital #AdaAQUA)

SANDI NOVRIADI, Adam Wijoyo Sukarno, SIP. MA

2015 | Skripsi | S1 ILMU KOMUNIKASI

Perkembangan teknologi komunikasi pada negara Indonesia juga berdampak kepada perubahan cara berkomunikasi generasi muda. Perubahan cara berkomunikasi ini tentu di tangkap sebagai sebuah tantangan oleh perusahaan untuk bisa lebih dekat lagi dengan target mereka, terutama generasi muda. Menyadari bahwa perubahan cara berkomunikasi pada generasi muda adalah sebuah peluang besar untuk mendapatkan pasar sehingga melatarbelakangi PT. Tirta Investama Denone AQUA untuk membuat sebuah kampanye pemasaran bernama kampanye #AdaAQUA. Kampanye ini sendiri merupakan sebuah kampanye kesehatan untuk mengajak generasi muda untuk dapat terhindar dari gejala dehidrasi ringan yang disebabkan oleh tubuh kekurangan cairan dari Air Putih. Dalam penelitian ini jawaban yang ingin didapatkan adalah bagaimana praktik resepsi atas pesan dalam kampanye digital yang dibuat oleh AQUA tadi mampu mempengaruhi serta menyadarkan targetnya bahwa AQUA merupakan brand AMDK yang peduli akan kesehatan generasi muda dan juga AQUA adalah brand AMDK yang tepat sebagai pengganti air putih untuk dapat menjaga tubuh tetap terhindar dari gejala dehidrasi. Dalam mendapatkan jawaban penelitian, peneliti telah memilih 3 orang Informan yang dipilih berdasarkan kriteria peneliti sehingga diharapkan jawaban yang diberikan oleh mereka dapat menjawab pertanyaan penelitian. Hasil dalam penelitian ini menujukan bahwa 2 orang informan meresepsi pesan sama dengan apa yang disampaikan dalam kampanye ini atau dominant dan sesuai dengan tujuan awal yang dibangun oleh AQUA. Selain itu hasil penelitian ini juga mendapatkan 1orang informan yang dikategorikan negotiated, dimana ternyata pesan itu diresepsi tidak selalu sama namun perlu pertimbangan lainya. Hasil akhir dari penelitian ini menujukan bahwa generasi muda meresepsi pesan sesuai dengan tujuan akhir bahwa dengan adanya kampanye ini asosiasi air putih menjadi lebih kuat dengan brand AQUA. Selain itu juga, hasil dari penelitian ini sendiri adalah pesan diterima sesuai dengan apa yang disampaikan namun belum cukup kuat dikarenakan belum ditunjang dengan kegiatan lain untuk memperkokoh pesan yang disampaikan. Kata Kunci : Resepsi, Kampanye Digital, Komunikasi Generasi Muda

The development of communication technology in Indonesia also has an impact on changes in the way young people communicate. This certainly changes the way we communicate arrested as a challenge by the company to be closer to their targets, especially the younger generation. Realizing that change the way we communicate to the young generation is a great opportunity to gain market PT. Tirta Investama Denone AQUA create digital campaign called #AdaAQUA. The campaign is a health campaign to encourage young people to be able to avoid the symptoms of mild dehydration. In this study want feedback is how the practice of the reception of the message in the digital campaign created by AQUA was able to influence and sensitize target that AQUA is a brand cares about the health of the younger generation. In getting answers to the study, the researchers have chosen 3 Informants. The results in this study addressing that two informants interpret the same message with what is presented in this campaign or dominant and in accordance with the original purpose built by AQUA. In addition the results of this study also received one informant who categorized negotiated, which turns the message was received is not always the same but keep other considerations. The final results of this study addressed that young people interpret the message in accordance with the ultimate goal of this campaign that the presence of water associations became stronger with the brand AQUA. In addition, the results of this study itself is a message received in accordance with what was presented, but not strong enough because not supported by other activities to reinforce the message. Keyword: Reception, Digital Campaign, Young Generations Communication

Kata Kunci : Keyword: Reception, Digital Campaign, Young Generations Communication

  1. S1-2015-311722-tableofcontent.pdf